USULAN STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO SEPEDA (KASUS PADA PT DUNIA SEPEDA JAYA)


Hariadi, Hariadi (2024) USULAN STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO SEPEDA (KASUS PADA PT DUNIA SEPEDA JAYA). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222088_tesis_21-03-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Cover] Image (Cover)
A012222088_tesis_21-03-2024 cover1.png

Download (149kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
A012222088_tesis_21-03-2024 dp.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
A012222088_tesis_21-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini untuk merumuskan strategi pemasaran pada bisnis sepeda PT Dunia Sepeda Jaya yang mengalami penurunan omset penjualan secara signifikan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT dengan menghitung nilai IFAS, EFAS, dan SFAS yang menghasilkan nilai kuadran dalam penyusunan strategi pemasaran yang sesuai. Data diperoleh dari pembagian kuisioner pada pelanggan sebanyak 40 orang, wawancara dengan owner, dan diskusi dengan ahli sebanyak 3 orang dalam menemukan kondisi internal, eksternal, dan strategi pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini kondisi Bisnis PT Dunia Sepeda memiliki kondisi internal pada dimensi kekuatan yang positif, namun rentan pada dimensi ancaman sehingga tidak mampu memanfaatkan peluang yang ada. Dengan melihat posisi kuadran PT Dunia Sepeda ada pada kuadran II dengan strategi diversifikasi. Maka, strategi yang telah disusun dan sesuai dengan hasil analisis yaitu pada strategi pengembangan produk, pengembangan pemasaran, dan pengembangan suber daya manusia. Pertama pada pengembangan produk perlu memberikan garansi pelayanan, diskon dan penawaran khusus, juga menyediakan pelayanan konsultasi dan servis. Kedua, pengembangan pasar dengan kerjasama bersama sekolah dan instansi, lelang live Instagram, juga melaksanakan pemasaran pengalaman. Terakhir, pengembangan sumberdaya manusia dengan membentuk tim perencanaan dan program pelatihan sertifikasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Sepeda, Polygon, Strategi Pemasaran, Analisa SWOT, IFAS-EFAS-SFAS
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 13 Jun 2024 00:40
Last Modified: 13 Jun 2024 00:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34054

Actions (login required)

View Item
View Item