KEPRIBADIAN TOKOH DALAM ANTÉCHRISTA KARYA AMÉLIE NOTHOMB = The Personality of Characters in "Antéchrista" by Amélie Nothomb”


Azmi, Nurul (2024) KEPRIBADIAN TOKOH DALAM ANTÉCHRISTA KARYA AMÉLIE NOTHOMB = The Personality of Characters in "Antéchrista" by Amélie Nothomb”. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
F051181309_skripsi_01-04-2024 cover1.png

Download (105kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F051181309_skripsi_01-04-2024 1-2.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F051181309_skripsi_01-04-2024 dp.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F051181309_skripsi_01-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 May 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

NURUL AZMI. “Kepribadian Tokoh Dalam Antéchrista Karya Amélie Nothomb”, dibimbing oleh Dr. Prasuri Kuswarini, M.A. dan Masdiana, S.S., M.Hum.
Latar belakang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penokohan serta kepribadian tokoh utama dalam novel Antéchrista Karya Amélie Nothomb ditinjau dari psikologi sastra. Tujuan. penelitian ini adalah untuk mengetahui kepribadian tokoh, menjelaskan hubungan antar tokoh dan peristiwa yang digambarkan dalam novel Antéchrista karya Amélie Nothomb. Metode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti berusaha mendeskripsikan bagaimana penokohan tokoh utama dan kepribadian tokoh dalam novel Antéchrista Karya Amélie Nothomb. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penenlitian ini yaitu menggunakan metode baca catat, kepustakaan, kemudian data-data yang diperoleh melalui penelitian ini dikaitkan dengan teori Carl Gustav Jung. Hasil. Penelitia ini menggambarkan tentang kejadian atau peristiwa serta gambaran tokoh penokohan yang diperankan oleh dua tokoh yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda yaitu Blanche gadis mudah pemalu, pendiam yang selalu menyendiri Sedangkan Christa gadis populer yang mudah bergaul dan memiliki banyak penggemar Kesimpulan. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa Novel Antéchrista karya Amélie Nothomb menceritakan dua gadis remaja. Blanche merupakan gadis muda pemalu dan pendiam yang selalu menghabiskan waktunya dengan membaca buku, secara psikis ia lebih suka sendiri, memiliki kepribadian introver. tetapi di sisi lain ia sangat mendambakan seorang teman yaitu Christa, merupakan gadis muda yang seumuran dengannya yang sangat popular dan memiliki banyak teman, memiliki memiliki kepribadian extrovert.

Kata kunci: Antéchrista, Kepribadian, Novel, Penokohan, Tokoh Kata kunci: Antéchrista, Kepribadian, Novel, Penokohan, Tokoh Kepribadian, Novel, Penokohan, Tokoh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antéchrista, Characterization, Novel, Personality, People
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Prancis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Jun 2024 05:11
Last Modified: 10 Jun 2024 05:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34001

Actions (login required)

View Item
View Item