PENGARUH METODE THARIQAH AL-MUBASYARAH TERHADAP ‘ITQAN AL-MUFRADAT SISWA MTS NEGERI 7 BULUKUMBA = THE INFLUENCE OF THE THARIQAH AL-MUBASYARAH METHOD ON STUDENTS OF 'ITQAN AL-MUFRADAT MTS NEGERI 7 BULUKUMBA


Ramayana, Suci (2024) PENGARUH METODE THARIQAH AL-MUBASYARAH TERHADAP ‘ITQAN AL-MUFRADAT SISWA MTS NEGERI 7 BULUKUMBA = THE INFLUENCE OF THE THARIQAH AL-MUBASYARAH METHOD ON STUDENTS OF 'ITQAN AL-MUFRADAT MTS NEGERI 7 BULUKUMBA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F031191047_skripsi_21-03-2024 cover1.png

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F031191047_skripsi_21-03-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F031191047_skripsi_21-03-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F031191047_skripsi_21-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 May 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Suci Ramayana “Pengaruh Metode Thariqah Al-Mubasyarah Terhadap ‘Itqan Al-Mufradat Siswa MTs Negeri 7 Bulukumba.” Dibimbing oleh Haeriyyah, S.Ag., M.Pd.I. dan Mujadilah Nur, S.S., M.Hum.
Penelitian ini mengkaji tentang “Pengaruh Metode Thariqah Al-Mubasyarah Terhadap ‘Itqan Al-Mufradat Siswa MTs Negeri 7 Bulukumba.” Yang bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi tingkat penguasaan mufradat siswa sebelum penerapan metode Thariqah Al-Mubasyarah di MTs Negeri 7 Bulukumba, 2) Mendeskripsikan penerapan metode Thariqah Al-Mubasyarah di MTs Negeri 7 Bulukumba, 3) Menganalisis hasil penerapan metode Thariqah Al-Mubasyarah di MTs Negeri 7 Bulukumba.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif yang terdiri dari dua variabel yakni metode Al-Mubasyarah sebagai variabel (X) dan penguasaan mufradat sebagai variabel (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri 7 Bulukumba dan sampelnya adalah siswa kelas IX yang berjumlah 27 orang.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa penerapan metode Al-Mubasyarah menjadikan siswa lebih antusias dan bersemangat dalam proses pembelajaran sehingga terjadi peningkatan nilai post test yang sangat signifikan. Berdasarkan hasil post test terdapat 15 orang siswa yang memperoleh predikat sangat baik dengan persentase 56% dalam kategori tuntas, 9 orang siswa memperoleh predikat baik dengan persentase 33% dalam kategori tuntas serta 3 orang siswa memperoleh predikat cukup dengan persentase 11% dalam kategori belum tuntas. Adapun data hasil pre-test dan post-test pada penelitian ini dinyatakan terdistribusi normal serta pada paired sampel t-test diperoleh nilai signifikansi 2 tailed 0,000 < 0,05 maka H_0 ditolak, dan H_1 diterima. Hasil dari penelitian ini membuktikan adanya pengaruh yang signifikan terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan. Hal tersebut berarti bahwa penerapan metode Al-Mubasyarah pada proses pembelajan Bahasa Arab dikelas IX MTs Negeri 7 Bulukumba dapat membantu meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab peserta didik.

Keywords : Metode Al-Mubasyarah, Penguasaan Kosakata Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Mubasyarah Method, Mastery of Arabic Vocabulary.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:09
Last Modified: 07 Jun 2024 03:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33968

Actions (login required)

View Item
View Item