PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PINRANG = Application of Good Governance Principles in Public Services at the Population and Civil Registration Office of Pinrang Regency


Pratama, Ade Agum (2024) PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PINRANG = Application of Good Governance Principles in Public Services at the Population and Civil Registration Office of Pinrang Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051201052_skripsi_16-01-2024 cover1.png

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051201052_skripsi_16-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051201052_skripsi_16-01-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051201052_skripsi_16-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 April 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Ade Agum Pratama, Nomor Induk Mahasiswa E051201052, Departemen Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Menyusun skripsi dengan judul : “Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang”, dibawah bimbingan Prof. Dr. Rasyid Thaha, M.Si., dan Saharuddin, S.IP., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis penerapan prinsip-prinsip Good Governance dalam pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun lokasi penelitian ini yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Sementara jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang menggunakan pendekatan teori yang dikemukakan oleh Sedarmayanti (2013:289), yang terdiri dari Akuntabilitas, Supremasi Hukum, Transparansi, dan Partisipasi, telah berjalan dengan cukup baik akan tetapi masih perlu untuk ditingkatkan terutama pada supremasi hukum dalam menegakkan aturan hukum di instansi tersebut. Sementara faktor-faktor yang mempengaruhi terdiri dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), serta sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambat yaitu kesadaran masyarakat, jaringan internet, dan ketersediaan blanko KTP.

Keywords : Good Governance, Pelayanan Publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Good Governance, Public Service, Population and Civil Registration Office of Pinrang Regency
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Jun 2024 00:47
Last Modified: 07 Jun 2024 00:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33891

Actions (login required)

View Item
View Item