ANALISIS PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF SUBSEKTOR MUSIK DI KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF THE ROLE OF REGIONAL GOVERNMENT IN DEVELOPING THE CREATIVE ECONOMY OF THE MUSIC SUBSECTOR IN MAKASSAR CITY


Nuryadin, Muhammad Renaldy (2024) ANALISIS PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF SUBSEKTOR MUSIK DI KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF THE ROLE OF REGIONAL GOVERNMENT IN DEVELOPING THE CREATIVE ECONOMY OF THE MUSIC SUBSECTOR IN MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191033_skripsi_15-01-2024 cover1.png

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051191033_skripsi_15-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191033_skripsi_15-01-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191033_skripsi_15-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 April 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD RENALDY NURYADIN, Nomor Induk Mahasiswa E051191033, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Menyusun skripsi yang berjudul “Analisis Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Subsektor Musik Di Kota Makassar”, dibawah bimbingan Prof. Dr. Juanda Nawawi, M.Si. sebagai Pembimbing Utama dan Dr. Suhardiman Syamsu, S.Sos., M.Si. sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian mengenai Analisis Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Subsektor Musik Di Kota Makassar ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam pengembangan ekonomi kreatif khususnya pada subsektor musik. Adapun rumusan masalah bagaimana peran pemerintah daerah sebagai fasilitator, dinamisator, dan regulator dalam pengembangan ekonomi kreatif subsektor musik.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dimana penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran atau penjelasan yang tepat mengenai permasalahan yang dihadapi dengan didukung oleh data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi pustaka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemerintah sebagai fasilitator masih belum efektif, hal ini terlihat dari masih adanya permasalahan dan keluhan seperti masih ada pelaku dalam subsektor musik yang belum tersentuh dengan program-program Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar, serta belum adanya permodalan yang dapat disalurkan kepada pelaku. Untuk peran dinamisator, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah berhasil menjalankan peran ini, terlihat dari kolaborasi antar subsektor yang telah dilakukan dan menggerakkan partisipasi pelaku dalam kegiata-kegiatan yang diselenggarakan. Sebagai regulator, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif belum menjalankan perannya dengan baik, hal ini dilihat dari masih rumitnya alur penerbitan izin kegiatan yang dirasakan oleh pelaku. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan dapat mengoptimalkan kinerjanya pada ketiga indikator tersebut.

Keywords : Analisis, Peran Pemerintah, Pengembangan, Ekonomi Kreatif, Subsektor Musik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Government Role, Development, Creative Economy, Music Subsector
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2024 23:58
Last Modified: 06 Jun 2024 23:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33888

Actions (login required)

View Item
View Item