TINJAUAN EMPIRIK IMPLEMENTASI DANA DESA DI KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA = EMPIRICAL REVIEW OF THE IMPLEMENTATION OF VILLAGE FUNDS IN GANTARANG DISTRICT, BULUKUMBA DISTRICT


Fachrin, Andi Fitrah Rezkyah Ramadhani (2023) TINJAUAN EMPIRIK IMPLEMENTASI DANA DESA DI KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA = EMPIRICAL REVIEW OF THE IMPLEMENTATION OF VILLAGE FUNDS IN GANTARANG DISTRICT, BULUKUMBA DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191015_skripsi_15-01-2024 cover1.png

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051191015_skripsi_15-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191015_skripsi_15-01-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191015_skripsi_15-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 April 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ANDI FITRAH REZKYAH RAMADHANI FACHRIN, Nomor Induk Mahasiswa E051191015, Program studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Skripsi yang berjudul “TINJAUAN EMPIRIK IMPLEMENTASI DANA DESA DI KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA”, di bawah bimbingan Prof. Dr. Rabina Yunus, M.Si. selaku pembimbing utama dan Bapak Rahmatullah, S. IP. M.Si. selaku pembimbing pendamping.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui perencanaan dan penggunaan dana desa dalam pembangunan desa di Kecamatan Gantarang dan untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat desa di Kecamatan Gantarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi penelitian naratif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian, dianalisis melalui beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan Kecamatan Gantarang terkhusus pada 3 desa yang menjadi fokus penelitian yaitu Desa Bialo, Desa Bontomasila, dan Desa Padang sebagai salah satu instrumen pemerintah daerah dalam implementasi dana desa memiliki beberapa indikator, yaitu (1) alokasi penggunaan dana desa dalam perencanaan dan penggunaan dana desa dalam pelaksanaan pembangunan, dan (2) alokasi penggunaan dana desa dalam pemberdayaan masyarakat. Dari beberapa indikator tersebut, ditemukan bahwa pengimplementasian dana desa di Kecamatan Gantarang belum maksimal. Hal ini didasari dengan adanya desa yang ketika melakukan perencanaan terkait program kerja mereka masih kurang dalam melakukan penginformasian ke masyarakat desa untuk bergabung bersama dalam merumuskan program kerjanya dan juga kurangnya sosialisasi terkait program kerja yang telah disusun oleh desa dan akan dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis dari data primer dan data sekunder, peneliti mengidentifikasikan beberapa solusi yang dapat mendorong keberhasilan pengimplementasian dana desa di Kecamatan Gantarang, yaitu pemerintah desa harus melibatkan masyarakat dalam perencanaan program kerja, melakukan analisis mendalam untuk mengidentifikasi kebutuhan dan prioritas pembangunan desa, menggunakan sebagian dana untuk mendirikan program kolaborasi, dan menetapkan sistem monitoring dan evaluasi yang lebih canggih untuk melacak perkembangan program.

Kata Kunci: Dana Desa, Implementasi, Kecamatan Gantarang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Village Fund, Implementation, Gantarang District
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:56
Last Modified: 06 Jun 2024 08:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33887

Actions (login required)

View Item
View Item