SIBALIPARRIQ (KAJIAN RESILIENSI KELUARGA PETANI DI DESA LAMPOKO KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR) = SIBALIPARRIQ: A STUDY OF FARMER FAMILY RESILIENCE IN LAMPOKO VILLAGE, CAMPALAGIAN DISTRICT, POLEWALI MANDAR REGENCY


Hardiman, Hardiman (2023) SIBALIPARRIQ (KAJIAN RESILIENSI KELUARGA PETANI DI DESA LAMPOKO KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR) = SIBALIPARRIQ: A STUDY OF FARMER FAMILY RESILIENCE IN LAMPOKO VILLAGE, CAMPALAGIAN DISTRICT, POLEWALI MANDAR REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E042212005_tesis_15-01-2024 cover1.png

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E042212005_tesis_15-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E042212005_tesis_15-01-2024 dp.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E042212005_tesis_15-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 April 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai sosial budaya dan konsep Sibaliparriq yang dianut oleh keluarga petani; mengidentifikasi dan menganalisis kesulitan hidup yang dialami oleh keluarga petani; mendeskripsikan dan menganalisis bentuk pengaplikasian nilai-nilai Sibaliparriq sebagai salah satu bentuk resiliensi keluarga petani; dan mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan konsep sibalipariq masih eksis hingga sekarang dilihat dari nilai-nilai dan praktik sibaliparriq terhadap tatanan berkehidupan bersama pada keluarga petani desa lampoko Kecamatan campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Sibaliparriq memiliki beberapa jenis nilai sosial budaya yang terkandung di dalamnya, yaitu nilai persaudaraan, kasih sayang, kepedulian, keikhlasan, kerjasama, senasib dan sepenanggungan dan nilai membagi susah dan beratnya pekerjaan. Terdapat beberapa kesulitan yang dialami oleh keluarga petani antara lain: sulit mendapatkan kebutuhan pangan, papan, pelayanan kesehatan yang memadai, dan pendidikan yang mumpuni. Kemudian pengaplikasian nilai sibaliparriq sebagai bentuk resiliensi dari berbagai kesulitan yang dialami oleh keluarga petani terbagi menjadi beberapa jenis yaitu dalam keadaan sakit dan sulit mendapatkan pelayanan kesehatan penerapan pemenuhan pangan dan papan serta penerapan dalam upacara adat sosial kemasyarakatan dan pemenuhan studi. Faktor Eksis salah satu bentuk resiliensi dan keluarga petani,yakni Sibaliparriq adapun faktor eksis konsep Sibaliparriq hingga sekarang tercakup dalam dua bagian yaitu dukungan masyarakat yang masih menerapkan konsep ini dan dukungan pemerintah.

Keywords : Resiliensi, Nilai Sibaliparriq, Aplikasi, Faktor Eksistensi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Resilience, Sibaliparriq values, Application, Existence factor
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:51
Last Modified: 06 Jun 2024 08:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33878

Actions (login required)

View Item
View Item