MANAJEMEN PARTAI POLITIK (STUDI PADA ORGANISASI GARUDA KEADILAN TERHADAP REKRUTMEN CALON ANGGOTA LEGISLATIF PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DI KOTA MAKASSAR) = POLITICAL PARTY MANAGEMENT (STUDY ON THE GARUDA JUSTICE ORGANIZATION ON THE RECRUITMENT OF CANDIDATE LEGISLATIVE MEMBERS OF THE JUSTICE PROSPEROUS PARTY IN MAKASSAR CITY)


Syukur, Alfirah (2024) MANAJEMEN PARTAI POLITIK (STUDI PADA ORGANISASI GARUDA KEADILAN TERHADAP REKRUTMEN CALON ANGGOTA LEGISLATIF PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DI KOTA MAKASSAR) = POLITICAL PARTY MANAGEMENT (STUDY ON THE GARUDA JUSTICE ORGANIZATION ON THE RECRUITMENT OF CANDIDATE LEGISLATIVE MEMBERS OF THE JUSTICE PROSPEROUS PARTY IN MAKASSAR CITY). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041201073_skripsi_27-03-2024 cover1.png

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041201073_skripsi_27-03-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041201073_skripsi_27-03-2024 dp.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041201073_skripsi_27-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 April 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam mengenai bagaimana peran organisasi garuda keadilan sebagai salah satu organisasi sayap Partai Keadilan Sejahtera dalam merekrut calon anggota legislatif di kota makassar menjelang pemilu 2024. Berdasarkan data yang penulis peroleh bahwa Garuda Keadilan sebagai organisasi sayap kepemudaan tidak mempunyai peran langsung yang signifikan dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi seperti umur organisasi garuda terbilang muda, serta faktor politik di kota Makassar sangat "keras".
Dasar Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, dimana tipe penelitian ini memberi gambaran secara jelas mengenai masalah-masalah yang diteliti berdasarkan pengalaman yang dialami oleh informan. Dalam memastikan keabsahan data peneliti kredibilitasnya dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dengan mengacu pada teori rekrutmen politik Partai Keadilan Sejahtera telah membuktikan sebagai partai politik yang berperan menjadi jembatan penghubung dalam mengantarkan warga negara untuk menempati posisi strategis di pemerintahan khususnya di level legislatif yang prosesnya dibantu dengan lembaga formal maupun informal. Hasil Penelitian menujukkan bahwa peran Garuda Keadilan dalam merekrut dalam tahapan sertifikasi mempunyai peran mewadahi pemahaman pendidikan politik untuk menjadi calon anggota legislatif. Adapun di tahap nominasi organisasi Garuda keadilan tidak mempunyai ranah, tugas tersebut menjadi tanggung jawab Badan Pemenangan pemilu dan pilkada, Garuda Keadilan hanya berfokus mengajak anak-nak kader melanjutkan regenrasi kepengurusan partai serta ditahap peemilihan Garuda Keadilan melakukan pendampingan dalam mengikuti kotestasi politik dan branding kader aga tetap terlihat eksis.

Keywords : Peran, Partai Politik, Organisasi Sayap, Garuda Keadilan, Pemilu, Partai Keadilan Sejahtera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role, Political Party, Wing Organization, Garuda Keadilan, Election, Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:48
Last Modified: 06 Jun 2024 08:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33876

Actions (login required)

View Item
View Item