Analisis Resepsi Pengguna TikTok Terhadap Lirik Lagu Kill BIll = Reception Analysis of the TikTok Users towards the Lyrics of the Song "Kill Bill" on TikTok Platform


Shadiq, Muhammad Pahlevi (2024) Analisis Resepsi Pengguna TikTok Terhadap Lirik Lagu Kill BIll = Reception Analysis of the TikTok Users towards the Lyrics of the Song "Kill Bill" on TikTok Platform. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191081_skripsi_21-03-2024 cover1.png

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021191081_skripsi_21-03-2024 1-2.pdf

Download (14MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191081_skripsi_21-03-2024 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191081_skripsi_21-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (22MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemaknaan pengguna TikTok terhadap lagu Kill Bill yang dijadikan latar musik dalam konten yang berada pada platform TikTok. Penelitian yang berlangsung selaman 8 bulan sejak April 2023 hingga Januari 2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan penerapan teori Analisis Resepsi Stuart Hall memberikan resepsi informan yang terbagi menjadi tiga yaitu Hegemoni Dominan, Negosiasi, dan Oposisi. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam dengan 7 informan yang merupakan khalayak yang menggunakan lagu Kill Bill dalam konten TikTok mereka.
Hasil yang didapatkan sendiri terdapat berbagai pemaknaan dan opini yang dihasilkan oleh informan dimana untuk pemaknaannya sendiri dikategorikan kedalam tiga posisi yaitu Hegemoni Dominan, Negosiasi, dan Oposisi dan keenam informan berada pada posisi Hegemoni Dominan dan satu informan berada pada posisi Negosiasi. Terdapat juga konten yang dihasilkan menggunakan lagu Kill Bill dan dalam pengekspresian tersebut terbagi menjadi tiga posisi dimana terdapat dua informan pada posisi Hegemoni Dominan, satu informan pada posisi Negosiasi dan empat informan pada posisi Oposisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemaknaan yang dilakukan oleh informan belum tentu menghasilkan hasil yang sama dengan pesan yang ada pada konten TikTok mereka. Hal ini juga dapat terjadi dikarenakan tujuan dan alasan masing-masing informan yang variatif.

Keywords : Analisis Resepsi, TikTok, SZA, Kill Bill, dan Lagu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reception Analysis, TikTok, SZA, Kill Bill, and Song
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2024 01:50
Last Modified: 06 Jun 2024 01:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33825

Actions (login required)

View Item
View Item