Komunikasi Interpersonal Pasangan Dewasa Muda yang Berbeda Status Sosial dalam Berperilaku Pacaran di Kota Makassar = Interpersonal Communication of Young Adult Couples with Different Social Status in Dating Behavior in Makassar City


Saputra, Muhammad Ruhul (2024) Komunikasi Interpersonal Pasangan Dewasa Muda yang Berbeda Status Sosial dalam Berperilaku Pacaran di Kota Makassar = Interpersonal Communication of Young Adult Couples with Different Social Status in Dating Behavior in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191020_skripsi_19-03-2024 cover1.png

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021191020_skripsi_19-03-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191020_skripsi_19-03-2024 dp.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191020_skripsi_19-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD RUHUL SAPUTRA. Komunikasi Interpersonal Pasangan Dewasa Muda yang Berbeda Status Sosial dalam Berperilaku Pacaran Di Kota Makassar. (Dibimbing oleh Kahar dan Indrayanti)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana komunikasi interpersonal pasangan dewasa muda yang berbeda status sosial dalam berperilaku pacaran di Kota Makassar (2) Hambatan yang terjadi saat mereka menjalani hubungan dengan pasangan yang berbeda status sosial.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus hingga bulan Desember 2023 dengan menentukan informan secara purposive sampling. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 10 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori relationship maintenance dengan tipe penelitian kualitatif dilakukan dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian diperoleh dari data primer yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam kepada para informan, data sekunder yang diperoleh sumber tertentu melalui penelusuran hasil bacaan seperti buku, jurnal, skripsi, dan artikel internet.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan berbagai hambatan yang dihadapi oleh pasangan dewasa muda dengan perbedaan status sosial, termasuk tantangan komunikatif yang memengaruhi keintiman dan pemeliharaan hubungan. Munculnya hambatan-hambatan komunikasi membuat pasangan yang berperilaku pacaran memiliki keterbatasan untuk menjalankan aspek-aspek pemeliharaan hubungan atau relationship maintenance seperti memberikan sikap positif, sikap saling terbuka satu sama lain, saling memberi kepastian, saling menghargai tugas masing-masing, dan saling mengenal lingkup sosial masing-masing. Namun, perbedaan status sosial tidaklah menjadi alasan untuk mengakhiri hubungan yang telah dijalani terlebih untuk hubungan yang telah terjalin dalam jangka waktu yang sudah terbilang lama untuk dijalani. Implikasi penelitian ini mencakup pemahaman lebih lanjut tentang dinamika hubungan interpersonal di tengah perbedaan status sosial, serta memberikan pandangan yang berguna bagi konselor, praktisi hubungan, dan pasangan dewasa muda itu sendiri.

Kata kunci: komunikasi interpersonal, relationship maintenance, dewasa muda, status sosial, Kota Makassar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: interpersonal communication, relationship maintenance, young adults, social status, Makassar City
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:23
Last Modified: 05 Jun 2024 08:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33814

Actions (login required)

View Item
View Item