Aprilyani, A. Dea (2024) PENGGUNAAN KLAUSA DALAM IKLAN KOSMETIK DI TELEVISI: KAJIAN SINTAKSIS = Use of Clauses in Cosmetic Advertisements on Television: Syntax Study. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
F011181015_skripsi_29-02-2024 cover1.png
Download (220kB) | Preview
F011181015_skripsi_29-02-2024 1-2.pdf
Download (1MB)
F011181015_skripsi_29-02-2024 dp.pdf
Download (2MB)
F011181015_skripsi_29-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
A. DEA APRILYANI. Penggunaan Klausa dalam Iklan Kosmetik di Televisi:
Kajian Sintaksis (dibimbing oleh Muhammad Darwis dan Lukman).
Penelitian ini bertujuan menunjukkan tipe-tipe klausa dan tipe klausa yang
dominan digunakan dalam iklan kosmetik di televisi. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sintaksis. Penelitian ini dilakukan
selama tiga bulan. Populasi penelitian ini adalah semua klausa yang digunakan
dalam iklan kosmetik dari 12 stasiun televisi. Sampel penelitian ini diambil tiga
sampai lima contoh data klausa iklan yang dianggap sebagai tipe klausa
berdasarkankan fungsi kedudukan predikat dalam penelitian ini.
Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian pustaka dan penelitian
lapangan, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat
cakap (SBLC), teknik rekam dan teknik catat. Adapun data penelitian yang
diperoleh, yakni tipe-tipe klausa yang terdiri dari klausa verba, klausa nomina,
klausa adjektiva dan klausa numeralia. Keempat klausa tersebut meliputi (1) klausa
verba terdapat fungsi predikatnya menggunakan verba dasar, frasa verba, verba
trasitif dan verba intrasitif, (2) klausa nomina terdapat fungsi predikatnya
menggunakan nomina dasar dan frasa nomina, (3) klausa adjektiva terdapat fungsi
predikatnya menggunakan adjektiva dasar dan frasa adjektiva, dan (4) klausa
numeralia terdapat fungsi predikatnya menggunakan numeralia dasar dan frasa
numeralia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan klausa dalam iklan
kosmetik di televisi ditemukan ada empat tipe klausa dari 75 data slogan iklan
kosmetik di televisi, yaitu tipe (1) klausa verba, (2) klausa nomina, (3) klausa
adjektiva, dan (4) klausa numeralia. Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian ini,
tipe klausa yang dominan digunakan dalam iklan kosmetik di televisi adalah klausa
verba sebanyak 43% atau 31 data, kemudian disusul oleh klausa numeralia 21% (20
data), klausa adjektiva 23% ( 17 data), dan terakhir klausa nomina 8% (6 data).
Kata kunci: sintaksis, klausa, tipe klausa, iklan kosmetik di televisi
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | syntax, clause, clause type, cosmetic advertisement on television |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 22 May 2024 06:58 |
Last Modified: | 22 May 2024 06:58 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33662 |