PERBANDINGAN EFEK RISPERIDON DAN ARIPIPRAZOL TERHADAP GEJALA IRITABILITAS DAN KADAR SEROTONIN PADA ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER = THE COMPARISON EFFECTS OF RISPERIDONE AND ARIPIPRAZOLE ON IRRITABILITY SYMPTOMS AND SEROTONIN LEVELS IN CHILDREN WITH AUTISM SPECTRUM DISORDER


Suaib, Rohmatyah (2023) PERBANDINGAN EFEK RISPERIDON DAN ARIPIPRAZOL TERHADAP GEJALA IRITABILITAS DAN KADAR SEROTONIN PADA ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER = THE COMPARISON EFFECTS OF RISPERIDONE AND ARIPIPRAZOLE ON IRRITABILITY SYMPTOMS AND SEROTONIN LEVELS IN CHILDREN WITH AUTISM SPECTRUM DISORDER. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C065181004_tesis_16-03-2023 cover1.jpg

Download (215kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C065181004_tesis_16-03-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C065181004_tesis_16-03-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C065181004_tesis_16-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Judul: Perbandingan Efek Risperidon dan Aripiprazol terhadap gejala Iritabilitas dan kadar Serotonin pada Anak dengan Autism Spectrum Disorder (dibimbing oleh Rinvil Renaldi, Saidah Syamsuddin, Andi Alfian Zainuddin). Tujuan: Anak-anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) sebagian besar menunjukkan gejala iritabilitas. Deteksi dini menggunakan serotonin sebagai biomarker dan intervensi dengan obat yang disetujui akan berhubungan dengan prognosis yang lebih baik. beberapa kelompok penelitian telah mencoba menemukan korelasi klinis antara iritabilitas dan hiperserotonin. Namun, hasil penelitian tersebut masih tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas Risperidon dan Aripiprazole terhadap gejala iritabilitas dan kadar serotonin pada anak dengan ASD.
Metode: Kami merekrut pasien ASD yang memenuhi kriteria DSM-5, usia 5-17 tahun, dan skor Aberrant Behavior Checklist-Irritability (ABC-I) lebih dari 18. Dengan menggunakan metode simple random sampling, pasien dikelompokkan ke dalam kelompok Risperidon dan Aripiprazole. Kami menghitung skor ABC-I pada awal, minggu keempat, dan minggu ke delapan selama fase terapi. Tingkat serotonin diperiksa pada minggu awal dan minggu ke delapan.
Hasil: Terdapat penurunan yang signifika pada skor ABC-I setelah diberikan risperidone dan aripiprazole (p<0,001) tetapi tidak ada perubahan yang signifikan pada tingkat serotonin. Perubahan skor ABC-I tetap signifikan pada kelompok aripiprazole setelah delapan minggu. Tidak ada korelasi antara penurunan skor ABC-I dan kadar serotonin pada kedua kelompok.
Kesimpulan: Secara statistic, tidak ada korelasi yang signifikan antara aripiprazole dan risperidone dengan kadar serotonin plasma pada gejala iritabilitas pada anak dengan ASD, tetapi dapat menurunkan gejala iritabilitas. Aripiprazole lebih efektif dalam menurunkan gejala iritabilitas pada delapan minggu pengobatan.

Keywords : Autism Spectrum Disorder, Iritabilitas, Serotonin, Risperidone, Aripiprazole

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Autism Spectrum Disorder, Irritability, Serotonin, Risperidone, Aripiprazole
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > PPDS Ilmu Kedokteran Jiwa - Psikiatri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 May 2024 01:58
Last Modified: 16 May 2024 01:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33560

Actions (login required)

View Item
View Item