GAMBARAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PASIEN DENGAN STOMA ABDOMEN DALAM MELAKUKAN PERAWATAN STOMA SECARA MANDIRI: SCOPING REVIEW = OVERVIEW OF KNOWLEDGE AND SKILLS OF PATIENTS WITH ABDOMINAL STOMA IN PERFORMING STOMA TREATMENT INDEPENDENTLY: SCOPING REVIEW


Ul Husna, Annisa Dirani (2023) GAMBARAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PASIEN DENGAN STOMA ABDOMEN DALAM MELAKUKAN PERAWATAN STOMA SECARA MANDIRI: SCOPING REVIEW = OVERVIEW OF KNOWLEDGE AND SKILLS OF PATIENTS WITH ABDOMINAL STOMA IN PERFORMING STOMA TREATMENT INDEPENDENTLY: SCOPING REVIEW. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C051171312_skripsi_15-05-2023 cover1.jpg

Download (239kB)
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
C051171312_skripsi_15-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C051171312_skripsi_15-05-2023 dp.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C051171312_skripsi_15-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2026.

Download (926kB)

Abstract (Abstrak)

Annisa Dirani Ul Husna. C051171312. GAMBARAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PASIEN DENGAN STOMA ABDOMEN DALAM MELAKUKAN PERAWATAN STOMA SECARA MANDIRI: SCOPING REVIEW.
Latar Belakang : Pasien dengan stoma cenderung mengalami hambatan dalam melakukan perawatan secara mandiri sehingga menimbulkan beberapa masalah diantaranya rasa malu akibat kebisingan kantong, gas dan bau, ketakutan terhadap kebocoran kantong serta komplikasi berupa rasa nyeri dan ekskoriasi kulit di sekitar lokasi stomal, diare stomal atau konstipasi dan enema Sehingga diperlukan pemahaman serta keterampilan yang tepat kepada pasien terkait penerapan perawatan mandiri.
Tujuan : Mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan keterampilan pasien dengan stoma abdomen (kolostomy dan ileostomy) dalam melakukan perawatan stoma mandiri serta metode edukasi yang digunakan.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian literature dengan desain scoping review yang digunakan untuk mengidentifikasi dan memetakkan artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Pencarian artikel dilakukan pada 4 database yaitu PubMed, Sciencedirect, DOAJ dan Ebscho. Serta penyaringan artikel menggunakan aplikasi Mendeley
Hasil dan Kesimpulan : Hasil pencarian literatur didapatkan sebanyak 187 artikel dan disaring sebanyak 66 artikel duplikasi, kemudian penyaringan berdasarkan judul dan relevansi abstrak sehingga diperoleh 45 artikel selanjutnya di lakukan penyaringan kembali berdasarkan teks lengkap yang diperoleh hasil akhir sebanyak 7 artikel. Dari 7 artikel yang diperoleh, Pasien dengan ostomy baru pasca pembuatan stoma memiliki tingkat pengetahuan yang kurang terhadap perawatan diri pada periode postoperative akibat dampak dari perubahan pada kondisi fisik serta emosionalnya dan meningkat seiring dengan intervensi perawatan dan keterlibatan pasien dalam merawat stomanya. Selain itu, pasien ostomy secara umum memiliki keterampilan dalam pengosongan dan penggantian kantong stoma, perawatan kulit peristomal serta modifikasi diet. Dalam proses memperoleh pengetahuan, ostomate memerlukan keterlibatan keluarga dan tenaga kesehatan serta edukasi yang sesuai dengan kebutuhan ostomate.

Kata kunci : kolostomy dan ileostomy, pengetahuan, keterampilan, perawatan stoma, edukasi perawatan stoma

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: colostomy and ileostomy, knowledge, skills, stoma treatment, stoma care education
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 May 2024 01:47
Last Modified: 31 May 2024 01:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33536

Actions (login required)

View Item
View Item