EFEK PENAMBAHAN PLATELET-RICH PLASMA (PRP) DAN STROMAL VASCULAR FRACTION (SVFs) TERHADAP JUMLAH SEL FIBROBLAST PADA PENYEMBUHAN LUKA BAKAR DEEP DERMAL TIKUS = EFFECT OF PLATELET-RICH PLASMA (PRP) AND STROMAL VASCULAR FRACTION (SVFs) COMBINATION ON THE FIBROBLAST CELLS COUNT ON WOUND REMODELLING DEEP DERMAL BURN INJURY IN RAT


Satria, Bayu (2022) EFEK PENAMBAHAN PLATELET-RICH PLASMA (PRP) DAN STROMAL VASCULAR FRACTION (SVFs) TERHADAP JUMLAH SEL FIBROBLAST PADA PENYEMBUHAN LUKA BAKAR DEEP DERMAL TIKUS = EFFECT OF PLATELET-RICH PLASMA (PRP) AND STROMAL VASCULAR FRACTION (SVFs) COMBINATION ON THE FIBROBLAST CELLS COUNT ON WOUND REMODELLING DEEP DERMAL BURN INJURY IN RAT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C045171006_tesis_06-01-2023 cover1.jpg

Download (336kB)
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
C045171006_tesis_06-01-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C045171006_tesis_06-01-2023 dp.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C045171006_tesis_06-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 March 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Saat ini masih kurang data yang membuktikan efek penyembuhan luka bakar deep dermal yang diberikan stem cell kombinasi PRP + SVFs dibandingkan dengan perawatan luka moist standar (vaselin).
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas kombinasi injeksi SVF dan PRP terhadap jumlah sel fibroblast pada model luka bakar deep dermal pada tikus Wistar.
Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode eksperimental laboratorium pada tikus wistar dengan menggunakan rancang post test control group design. Sebanyak 48 tikus Wistar dewasa dibagi ke dalam 4 kelompok. Kelompok A, B, dan C diberikan perlakuan luka bakar dan treatment; kelompok D merupakan kelompok control negatif, kelompok A perlakuan luka bakar dan injeksi PRP dan SVF, kelompok B perlakuan luka bakar dan topical PRP dan SVF dan kelompok C perlakuan luka bakar dan Vaseline. Pada kelompok A, B, C dan D, jumlah sel fibroblas diukur pada hari pertama, keempat, ketujuh, kesepuluh dan keempat belas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah sel fibroblas kelompok A, B, dan C lebih tinggi dibandingkan kelompok D pada setiap hari penelitian. Hasil Uji independent t-test menunjukkan peningkatan signifikan jumlah sel fibroblas kelompok A dibandingkan kelompok B pada hari keempat hingga hari kesepuluh (p<0.05) dan peningkatan signifikan jumlah sel fibroblast kelompok A dibandingkan kelompok C pada hari keempat hingga hari kesepuluh (p<0.05). Uji regresi linier menunjukkan bahwa kelompok A lebih efektif dalam meningkatkan jumlah sel fibroblas dibandingkan dengan B dan C.

Keywords : stromal vascular fraction, platelet-rich plasma, fibroblas, luka bakar, penyembuhan luka.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Stromal vascular fraction, Platelet-rich plasma, fibroblast, Burn injury, Wound healing
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 May 2024 01:51
Last Modified: 30 May 2024 01:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33508

Actions (login required)

View Item
View Item