Penelitian Pakan Dalam Rumen Ternak : Teori dan Praktik


Prof. Dr. Ir. Ismartoyo, M.Agr.S., - (2023) Penelitian Pakan Dalam Rumen Ternak : Teori dan Praktik. In: -. Brilian Internasional. ISBN 978-623-6776-44-5

[thumbnail of Sampul] Image (Sampul)
sampul.png

Download (1MB)
[thumbnail of TERNAK__.pdf] Text
TERNAK__.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract (Abstrak)

Buku ini diberi judul Penelitian Pakan dalam Rumen Ternak: Teori dan Praktik. Buku ini merupakan edisi 2 (edisi revisi), dilakukan penyederhanaan judul dan pengembangan isi dari buku edisi 1 yang berjudul Pengantar Teknik Penelitian Degradasi Pakan dalam Rumen Ternak.
Ternak ruminansia seperti sapi, kerbau, domba, dan kambing merupakan salah satu komoditas strategis yang besar peranannya da-lam pembangunan sektor peternakan. Sebagai penghasil daging dan air susu, ternak ruminansia mempunyai peran yang sangat penting dalam pencapaian kebutuhan protein hewani bagi masyarakat dan dalam mendukung program swasembada daging yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.
Sebagai edisi kedua, buku ini diawali dengan informasi umum tentang ternak ruminansia, kemudian dilanjutkan dengan pengetahuan tentang pakan ruminansia, mikroorganisme rumen, degradasi dan fermentasi pakan dalam rumen, teknik penelitian pakan ruminansia, praktik penelitian pengukuran degradasi pakan, dilengkapi dengan berbagai dokumentasi penelitian dan contoh soal ujian serta analisis data menggunakan program komputer. Bahan utama untuk menyusun buku ini adalah hasil penelitian pakan ruminansia, baik dari dalam maupun luar negeri.

Item Type: Book Section
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 15 Mar 2024 05:26
Last Modified: 15 Mar 2024 05:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33340

Actions (login required)

View Item
View Item