Asuhan Keperawatan Pada Klien “ TN. S” Dengan Kasus Diabetes Melitus Tipe 2 Di Ruang Perawatan Interna RSUD Kota Makassar = Nursing Care in Clients " TN. S" with a case of type 2 diabetes mellitus in the internal care room of Makassar City Hospital


Putri, Anni Widiya (2023) Asuhan Keperawatan Pada Klien “ TN. S” Dengan Kasus Diabetes Melitus Tipe 2 Di Ruang Perawatan Interna RSUD Kota Makassar = Nursing Care in Clients " TN. S" with a case of type 2 diabetes mellitus in the internal care room of Makassar City Hospital. D3 thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C017201024_skripsi_16-08-2023 caver1.jpg

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C017201024_skripsi_16-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C017201024_skripsi_16-08-2023 dp.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C017201024_skripsi_16-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 March 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ANNI WIDIYA PUTRI, (Asuhan Keperawatan Pada Klien “ TN. S” Dengan Kasus Diabetes Melitus Tipe 2 Di Ruang Perawatan Interna RSUD Kota Makassar) dibimbing oleh Takdir Tahir dan Rosyidah Arafat.
Latar belakang: Pengkajian keperawatan merupakan tahapan dalam mengidentifikasi data- data, mengumpulkan informasi yang berkesinambungan secara terus-menerus terhadap kondisi pasien/klien. Pada tahapan ini, pelaksanaan pengkajian keperawatan yang dilakukan pada pasien diabetes melitus. Diabetes melitus (DM) merupakan suatu gangguan metabolisme karbohidrat, protein dan lemak akibat dari kurangnya keseimbangan antara ketersediaan insulin dengan kebutuhan insulin.
Tujuan: Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan memberi informasi tentang pelaksanaan pengkajian keperawatan pada Tn. S dengan diabetes mellitus tipe 2 .
Metode: Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan penyelesaian masalah pada karya ilmiah ini adalah menggunakan strategi pelaksanaan diagnosa asuhan keperawatan, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan.
Hasil: Berdasarkan hasil pencarian literatur didapatkan pengkajian keperawatan pada klien Tn. S dengan diabetes mellitus tipe 2 yang terdiri dari pengumpulan data (wawancara, pemeriksaan fisik, pemeriksaan diagnostik maupun laboratorium, dan dokumen rekam medik), pemeriksaan atau klasifikasi data, melakukan validasi data, pengelompokkan data, penentuan/identifikasi masalah dan dokumentasi data.
Pembahasan: Penyakit diabetes melitus ini sangat memerlukan penanganan yang intensif dan kompherensif oleh perawat melalui tindakan pengkajian keperawatan sebab penyakit ini memberikan dampak peningkatan angka kematian.
Kesimpulan: Asuhan keperawatan pada pasien Tn. S dengan Diabetes mellitus tipe 2 dilakukan 5 tahap proses keperawatan dilakukan secara optimal.
Saran: Sebgai bahan masukan bagi tenaga kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan asuhan keperawatan pada klien dengan kasus DM, Sebagai masukan bagi bidang akademik dalam proses belajar mengajar, khususnya tentang Karya tulis Ilmiah tentang asuhan keperawatan pada kasus DM.

Keywords : Ketidakstabilan Kadar Glukosa Darah , Diabetes Mellitus, Asuhan Keperawatan

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Ketidakstabilan Kadar Glukosa Darah , Diabetes Mellitus, Asuhan Keperawatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 May 2024 01:09
Last Modified: 28 May 2024 01:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33335

Actions (login required)

View Item
View Item