Asuhan Keperawatan Pada Klien “Ny. R” Dengan Bronkitis Akut Di Ruang Perawatan Interna RSUD Kota Makassar = Nursing Care for Client "Mrs. R" with Acute Bronchitis in the Internal Care Room of Makassar City Hospital


Sambun, Omma Nispa (2023) Asuhan Keperawatan Pada Klien “Ny. R” Dengan Bronkitis Akut Di Ruang Perawatan Interna RSUD Kota Makassar = Nursing Care for Client "Mrs. R" with Acute Bronchitis in the Internal Care Room of Makassar City Hospital. D3 thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C017201016_skripsi_16-08-2023 ccaver1.jpg

Download (234kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C017201016_skripsi_16-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C017201016_skripsi_16-08-2023 dp.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C017201016_skripsi_16-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 March 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

OMMA NISPA SAMBUN. Asuhan Keperawatan Pada Klien “Ny. R” Dengan Bronkitis Akut Di Ruang Perawatan Interna RSUD Kota Makassar (dibimbing oleh Syahrul Ningrat dan Yuliana Syam)
Latar Belakang : Bronkitis merupakan peradangan pada saluran bronkial, menyebabkan pembekakan dan produksi lendir yang berlebihan. Batuk, peningkatan pengeluaran dahak dan sesak nafas adalah gejala utama bronkitis. Secara umum, bronkritis dibagi menjadi dua, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut biasanya timbul dikarenakan flu atau infeksi lain pada saluran pernafasan, biasnya bronkitis akut mulai membaik dalam waktu beberapa hari ataupun beberapa pekan. Sedangkan, bronkitis kronis merupakan iritasi atau radang yang bertempat pada saluran nafas yang harus ditangani dengan serius.
Tujuan : Untuk mendapat gambaran tentang asuhan keperawatan pada Ny. R dengan bronkitis akut
Desain : jenis laporan kasus ini adalah penelitian non eksperimental bersifat deskriptif yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama membuat deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif yang bertujuan menerangkan atau menggambarkan suatu masalah
Hasil : hasil pengkajian didapatkan pasien menegeluh nyeri dada sebelah kanan, skala nyeri 7, batuk berlendir dan sesak sesekali. Diagnosa keperawatan adalah nyeri akut, ketidak efektifan bersihan jalan nafas, dan gangguan pola tidur. Intervensi yang diterapkan pada pasien adalah mengajarkan teknik relaksasi. Implementasi yang dilakukan adalah mengajarkan teknik relaksasi nafas dalam. Evaluasi didapatkan pasien masih merasakan nyeri dada (skala nyeri 4), batuk berlendir sesekali, sesak sudah tidak ada, istirahat klien sudah baik.
Kesimpulan : Asuhan Keperawatan pada pasien Ny. R dengan bronkitis dilakukan melalui 5 tahap proses keperawatan. Semua masalah-masalah keperawatan diatas dapat dilakukan secara optimal.

Keywords : Bronkitis, Nyeri Akut, Ketidakefektifan Bersihan Jalan Nafas, Gangguan Pola Tidur

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Bronkitis, Nyeri Akut, Ketidakefektifan Bersihan Jalan Nafas, Gangguan Pola Tidur
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 May 2024 04:04
Last Modified: 27 May 2024 04:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33331

Actions (login required)

View Item
View Item