. Asuhan Keperawatan Pada Klien “Tn.U” Dengan Gangguan Sistem Pernapasan :Asma Bronkiale Di Ruang Perawatan Interna RSUD Kota Makassar = Nursing Care for Client "Mr.U" with Respiratory System Disorders: Bronchial Asthma in the Internal Care Room of Makassar City Hospital


Selung, Roberto Asmat (2023) . Asuhan Keperawatan Pada Klien “Tn.U” Dengan Gangguan Sistem Pernapasan :Asma Bronkiale Di Ruang Perawatan Interna RSUD Kota Makassar = Nursing Care for Client "Mr.U" with Respiratory System Disorders: Bronchial Asthma in the Internal Care Room of Makassar City Hospital. D3 thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C017201005_skripsi_15-08-2023 caver1.jpg

Download (254kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C017201005_skripsi_15-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C017201005_skripsi_15-08-2023 dp.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C017201005_skripsi_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 March 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ROBERTO ASMAT SELUNG. Asuhan Keperawatan Pada Klien “Tn.U” Dengan Gangguan Sistem Pernapasan :Asma Bronkiale Di Ruang Perawatan Interna RSUD Kota Makassar (dibimbing oleh Ners Abdul Majid dan Ners Andi Fajrin Permana).
Asma adalah penyakit dengan karakteristik sesak nafas dan wheezing, dimana frekuensi dan keparahan dari tiap orang yang berbeda. Kondisi ini akibat kelainan dari jalan nafas di paru dan memengaruhui sensitifitas saraf pada jalan nafas sehingga mudah teriritasi, Pada saat serangan,alur jalan nafas membengkak karena pemyimpatan jalan nafas dan pengurangan aliran udara yang masuk ke paru. Prevalensi asma menurut World Health Organization (WHO) tahun 2019 sekitar 235 juta. Asma merupakan masalah kesehatan di seluruh dunia, yang mempengaruhi kurang lebih 1-18% populasi di berbagai negara di dunia. Menurut WHO yang bekerja sama dengan Global Asthma Network (GAN) yang merupakan organisasi asma di dunia, memprediksikan pada tahun 2025 akan terjadi kenaikan populasi asma sebanyak 400 juta dan terdapat 250 ribu kematian akibat asma. Tujuan : Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini bertujun untuk memberikan gambaran tentang Asuhan Keperawatan Pada Pasien dengan Asma Bronkiale di ruang perawatan interna RSUD kota Makassar. Metode : penulis menggunakan metode studi kasus,data ini diperoleh dengan cara yaitu : wawancara, pemeriksaan, observas aktivitas, memperoleh catatan dan laporan diagnostik dari rekam medik dan kolaborasi dengan tim. Hasil : setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3 hari diagnosa yang muncul yaitu : Bersihan jalan napas tidak efektif, Nyeri, dan Pola napas tidak efektif .Dalam implementasi sebagian besar telah sesuai dengan rencana tindakan yang telah diterapkan,dan hasilnya Bersihan jalan napas efektif , nyeri berkurang, Pola napas membaik. Kesimpulan : kerjasama antar tim kesehatan dan pasien atau keluarga sangat diperlukan untuk keberhasilan asuhan keperawatan pada pasien sehingga masalah keperawatan pasien mengenai Bersihan jalan napas tidak efektif ,Nyeri, serta pola napas tidak efektif dapat teratasi.

Keywords: Asma Bronkial, ketidakefektifan bersihan jalan napas, menejemen jalan napas

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Asma Bronkial, ketidakefektifan bersihan jalan napas, menejemen jalan napas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 May 2024 00:35
Last Modified: 28 May 2024 00:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33327

Actions (login required)

View Item
View Item