Evaluasi harapan Mahasiswa Terhadap Pencapaian Kompetensi Bedah Pada Pendidikan Profesi Dokter Di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin = Evaluation of Student Expectations and Clinical Competence Skills Performance during Surgery Clerkship Program: A Comprehensive Study


Bakri, Syarif (2023) Evaluasi harapan Mahasiswa Terhadap Pencapaian Kompetensi Bedah Pada Pendidikan Profesi Dokter Di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin = Evaluation of Student Expectations and Clinical Competence Skills Performance during Surgery Clerkship Program: A Comprehensive Study. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C012212014_tesis_27-09-2023 caver1.jpg

Download (297kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C012212014_tesis_27-09-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C012212014_tesis_27-09-2023 dp.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C012212014_tesis_27-09-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 March 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang: Adanya sistem kepaniteraan yang baik dan kehadiran dosen yang berkualitas tentunya akan memberikan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa kedokteran yang sesuai dengan kompetensinya.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian kompetensi bedah berdasarkan tingkat harapan mahasiswa yang mengikuti kepaniteraan klinik di bagian bedah.
Metode: Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa kedokteran yang mengikuti kepaniteraan klinik di bagian bedah dengan menggunakan metode campuran dengan rancangan sequential explanatory, sebagai pendekatan kuantitatif. Pre- dan post-test juga digunakan untuk menilai perubahan dalam pengetahuan siswa, hasil kualitatif diperoleh dari Focus Group Discussion (FGD), dan kuesioner standar digunakan untuk menilai harapan dan pencapaian keterampilan siswa.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pengetahuan mahasiswa setelah mengikuti kepaniteraan klinik dengan mean difference (MD) 3,94 (10,67). Namun, hanya tiga dari sepuluh keterampilan yang memenuhi harapan siswa selama kepaniteraan klinik. Hal ini disebabkan kurangnya kesempatan untuk mempraktekkan keterampilan yang diperoleh mahasiswa, jumlah mahasiswa yang terlalu banyak, waktu yang terbatas, dan kurangnya penempatan praktik di rumah sakit jejaring. Sebagian besar mahasiswa umumnya menganggap dosen sebagai pembimbing yang baik dalam membimbing mereka. Namun, beberapa dosen dinilai sangat sibuk dengan sehingga jarang berinteraksi dengan mahasiswa.
Simpulan: Sistem kepaniteraan klinik bagian bedah Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin efektif dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswa, namun memiliki keterbatasan dalam memenuhi ekspektasi keterampilan mahasiswa.

Keywords : Evaluasi harapan Mahasiswa Pencapaian Kompetensi Bedah Profesi Dokter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 May 2024 01:30
Last Modified: 20 May 2024 01:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33252

Actions (login required)

View Item
View Item