Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Plus Al-Ashri


Hidayat, Taufiq (2021) Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Plus Al-Ashri. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E21114519_skripsi Cover1.png

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
E21114519_skripsi I & II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
E21114519_skripsi DP.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E21114519_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Taufiq Hidayat/(E21114519), Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Plus Al-Ashri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. xvi + 114 halaman + 13 Tabel + 3 Gambar + 16 Pustaka + 17 Lampiran + Dibimbing oleh Dr. Nurdin Nara, M.Si. dan Adnan Nasution, S.Sos., M. Si.

Studi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Plus Al-Ashri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen sedangkan sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan skunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan kurikulum di Sekolah Dasar Plus Al-Ashri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi dan wawancara dengan menggunakan indikator teori Van Meter dan Van Horn diantaranya yaitu terpenuhinya tenaga pendidik yang berkualitas dan finansial Sekolah Dasar Plus Al-Ashri, juga keaktifan guru sebagai agen pelaksana kebijakan dalam menciptakan kegiatan fisik dan seni telah memenuhi indikator aktivitas pelaksana.
Namun, masih terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi, diantaranya adalah minimnya pemahaman para tenaga pendidik di awal penerapan kebijakan yang disebabkan kurangnya pelatihan yang di dapatkan, perlunya komunikasi dan koordinasi antara pihak Sekolah dengan orang tua siswa mengenai pembentukan karakter siswa, perlunya evaluasi pemerintah terhadap sistem penulisan raport siswa pada kebijakan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Evaluasi, Implementasi Kebijakan, Kurikulum, Observasi.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:11
Last Modified: 17 Mar 2021 03:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item
View Item