UPACARA SIPULUNG SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT TOANI TOLOTANG DI PERRINYAMENG KELURAHAN AMPARITA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG


Zakir, A. . Muhammad (2005) UPACARA SIPULUNG SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT TOANI TOLOTANG DI PERRINYAMENG KELURAHAN AMPARITA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A. MUHAMMAD ZAKIR E51100021.pdf

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Skripsi ini ditulis oleh A. Muhammad Zakir dengan fokus kajian "UPACARA SIPULUNG" sebagai Sarana Pengembangan Solidaritas Sosial Masyarakat Toani Tolotang Di Perrinyameng Kelurahan Amparita Kabupaten Sidenreng Rappang.
Studi ini berpretensi untuk mengungkap proses pelaksanaan Upacara Sipulung yang dilakukan oleh masyarakat Kepercayaan Toani Tolotang sebagai suatu keyakinan. Sebagai sebuah kajian empirik dengan basis interpretasinya menggunakan pendekatan fungsionalisme, maka, kepercayaan dalam hal ini dipahami sebagai kebudayaan yang terartikulasi dalam perilaku setiap pendukung kebudayaan tersebut. Keyakinan yang diasosiasikan sebagai kebudayaan dalam kehidupan sosial menjadi penuntun (blue print) bagi setiap tindakan yang dilakukan oleh setiap pendukung kebudayaan.
Penelitian ini menggunakan kualitatif sebagai basis khas antropologi dalam mengungkap fenomena sosial. Metode penelitian menerapkan teknik wawancara mendalam (deep interview) dan observasi serta kajian pustaka. Ini dimaksudkan agar penelitian ini tidak berhenti pada survace data (data permukaan) tetapi pada kedalaman data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 06 May 2024 03:37
Last Modified: 06 May 2024 03:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32751

Actions (login required)

View Item
View Item