PENGARUH KINERJA TENAGA KESEHATAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS RIJALI KOTA AMBON = THE EFFECT OF PERFORMANCE OF HEALTH EMPLOYEES AND SERVICE QUALITY ON PATIENTS’ SATISFACTION IN RIJALI COMMUNITY HEALTH CENTRE, AMBON CITY


Mailoa, Sanri Deasiree (2023) PENGARUH KINERJA TENAGA KESEHATAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS RIJALI KOTA AMBON = THE EFFECT OF PERFORMANCE OF HEALTH EMPLOYEES AND SERVICE QUALITY ON PATIENTS’ SATISFACTION IN RIJALI COMMUNITY HEALTH CENTRE, AMBON CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J012211011_tesis_11-08-2023 cover1.png

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J012211011_tesis_11-08-2023 1-2.pdf

Download (891kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J012211011_tesis_11-08-2023 dp.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J012211011_tesis_11-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 December 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja tenaga kesehatan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien secara parsial maupun simultan di Puskesmas Rijali Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional study sebagai desain penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang datang berkunjung di Puskesmas Rijali Kota Ambon. Sampel penelitian ini berjumlah 314 orang yang teknik pengambilannya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Alat analisis data dalam penelitian ini memakai uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan kinerja tenaga kesehatan dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kinerja tenaga kesehatan dan kualitas pelayanan hanya mampu menjelaskan kepuasan pasien sebesar 69,1%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin baik kinerja tenaga kesehatan dan kualitas pelayanan yang diberikan, semakin tinggi pula tingkat kepuasan pasiennya. Dengan demikian, semakin puas pasien dalam menerima pelayanan semakin dapat memotivasi pasien untuk datang menggunakan jasa pelayanan kesehatan tersebut kembali

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kinerja tenaga kesehatan, kualitas pelayanan, kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Profesi Dokter Gigi
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 06 May 2024 03:18
Last Modified: 06 May 2024 03:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32749

Actions (login required)

View Item
View Item