AKURASI PENILAIAN SFAR (SCORE FOR ALLERGIC RHINITIS) TERHADAP PEMERIKSAAN SPT (SKIN PRICK TEST) INHALAN DALAM MENDIAGNOSIS RINITIS ALERGI DI POLI THT RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO = ACCURACY OF THE SFAR (SCORE FOR ALLERGIC RHINITIS) ASSESSMENT OF SPT (SKIN PRICK TEST) INHALAN IN DIAGNOSIS OF ALLERGIC RINITIS AT THE ENT POLICY OF RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO


Kania, Adira (2023) AKURASI PENILAIAN SFAR (SCORE FOR ALLERGIC RHINITIS) TERHADAP PEMERIKSAAN SPT (SKIN PRICK TEST) INHALAN DALAM MENDIAGNOSIS RINITIS ALERGI DI POLI THT RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO = ACCURACY OF THE SFAR (SCORE FOR ALLERGIC RHINITIS) ASSESSMENT OF SPT (SKIN PRICK TEST) INHALAN IN DIAGNOSIS OF ALLERGIC RINITIS AT THE ENT POLICY OF RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011191004_skripsi_09-01-2023 cover1.jpg

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
C011191004_skripsi_09-01-2023 bab 1-3.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011191004_skripsi_09-01-2023 dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011191004_skripsi_09-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (15MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Rinitis Alergi didefinisikan sebagai suatu inflamasi mukosa hidung berupa kelainan pada hidung yang dipicu oleh paparan alergen dan diperantarai oleh IgE. Rinitis alergi dapat dikontrol dengan menghindari paparan alergen penyebabnya. Untuk itu, dilakukan tes kulit dengan pengujian SPT (Skin Prick Test). SPT adalah metode untuk mendiagnosis penyakit alergi IgE-mediated pada pasien alergi yang dapat memberikan bukti sensitisasi dan dapat membantu dalam mengkonfirmasi diagnosis curiga alergi, namun alat pemeriksaan alergi tersebut masih mahal dan tidak dimiliki oleh seluruh tempat pemeriksaan. Untuk melakukan skrining awal yang dalam mendiagnosis Rinitis Alergi dapat dilakukan dengan pemberian kuesioner SFAR yang memiliki validasi cukup baik. Tujuan: Untuk menilai kuesioner SFAR terhadap pemeriksaan SPT Inhalan sebagai skrining awal dalam mendiagnosis rinitis alergi di Poli THT RSUP DR. Wahidin Sudirohusodo. Metode: Penelitian ini menggunakan uji diagnostik dengan desain cross sectional yaitu penelitian dengan membandingkan diagnosis pasien rinitis alergi yang menggunakan penilaian kuesioner SFAR dan pemeriksaan SPT Inhalan. Hasil: Didapatkan nilai sensitivitas sebesar 93,3%, spesifisitas sebesar 50%, NPP sebesar 100%, NPN sebesar 50%, akurasi sebesar 93,75% dan berdasarkan hasil analisis menggunakan uji chi square, akurasi penilaian SFAR terhadap Pemeriksaan SPT Inhalan diperoleh p = 0.001 (p < 0.05) sehingga didapatkan kesesuaian antara kuesioner SFAR dengan pemeriksaan SPT Inhalan. Kesimpulan: Hasil diagnosis dengan menggunakan kuesioner SFAR didapatkan kesesuaian dengan hasil pemeriksaan SPT Inhalan. Adapun nilai sensitivitas dan spesifistitas dari kuesioner SFAR yaitu 93,3% dan 100% yang berarti kuesioner SFAR dapat digunakan sebagai skrining awal pada pelayanan kesehatan primer yang tidak memiliki fasilitas SPT, agar tatalaksana awal dapat dilakukan.

Keywords : Rinitis Alergi, SFAR (Score For Allergic), SPT (Skin Prick Test)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rinitis Alergi, SFAR (Score For Allergic), SPT (Skin Prick Test)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:27
Last Modified: 29 Apr 2024 06:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32694

Actions (login required)

View Item
View Item