LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KETAJAMAN PENGLIHATAN = LITERATURE REVIEW: THE LONG CORRELATION OF GADGET USE TO VISION ACUITY


Nisa', Wali Khoirun (2023) LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KETAJAMAN PENGLIHATAN = LITERATURE REVIEW: THE LONG CORRELATION OF GADGET USE TO VISION ACUITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011181039_skripsi_14-02-2023 cover1.jpg

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
C011181039_skripsi_14-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011181039_skripsi_14-02-2023 dp.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011181039_skripsi_14-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (829kB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Manusia mempunyai 5 panca indera, yakni mata, telinga, hidung, kulit dan lidah. Mata merupakan salah satu panca indera yang terpenting pada tubuh manusia. Pada masa sekarang ini penggunaan gadget menjadi suatu kebutuhan sehari-hari. Gadget tidak hanya digunakan dikalangan remaja dan dewasa, tetapi juga digunakan oleh kalangan anak usia sekolah, apalagi kebutuhan penggunaan gadget pada masa pandemi COVID-19 ini mengalami peningkatan dimana seluruh negara membatasi kegiatan yang memerlukan kumpul bersama maupun berkumpul di tempat ramai. Banyak bidang yang terpaksa harus melakukan kegiatan secara daring, salah satu yang terkena dampak adalah pembelajaran di sekolah, sehingga Pemerintah Indonesia menganjurkan untuk melakukan pembelajaran secara daring, yang secara tidak langsung mengharuskan para pelajar untuk belajar melalui gadget, seperti laptop, handphone, tablet, ataupun komputer. Maka dari itu perlu dibutuhkan suatu kajian yang membahas tentang hubungan durasi lama penggunaan gadget terhadap ketajaman penglihatan, sehingga masyarakat bisa lebih aware dalam penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Metode : literature review (kajian literatur) atau studi kepustakaan, merupakan ikhtisar komprehensif tentang penelitian yang sudah dilakukan mengenai topik yang spesifik untuk menunjukkan kepada pembaca apa yang sudah diketahui tentang topik tersebut dan apa yang belum diketahui, untuk mencari rasional dari penelitian yang sudah dilakukan atau untuk ide penelitian selanjutnya. Hasil : didapatkan 10 jurnal internasional dan 5 jurnal nasional yang meneliti tentang penggunaan gadget terhadap ketajaman penglihatan, yang kemudian dianalisis. Kesimpulan : ditemukan beberapa hal penting dalam hubungan lama penggunaan gadget terhadap ketajaman penglihatan, sebagian besar jurnal didapatkan hubungan bermakna antara lama penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan, ada 9 jurnal yang membahas tentang lama penggunaan gadget terhadap ketajaman penglihatan pada anak-anak (SD), 2 jurnal pada remaja, dan 2 jurnal yang membahas pada mahasiswa. Berdasarkan hasil dari analisis jurnal-jurnal diatas, dapat disimpulkan dan diketahui bahwa ada hubungan mengenai lama penggunaan gadget terhadap ketajaman penglihatan, serta dapat diketahui bahwa banyak faktor-faktor yang mempengaruhi ketajaman penglihatan karena lama penggunaan gadget, diantaranya durasi lama penggunaan gadget, jarak pandang terhadap gadget, rata-rata penggunaan data, faktor screen time, dan penurunan aktivitas diluar ruangan. Maka dari itu, kebiasaan bermain gadget yang benar dan baik dapat mengurangi resiko terjadinya gangguan ketajaman penglihatan.

Kata Kunci : durasi lama penggunaan gadget, ketajaman penglihatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: long duration of gadget use, and visual acuity
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:07
Last Modified: 26 Apr 2024 08:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32671

Actions (login required)

View Item
View Item