ANALISIS SUPPLY CHAIN RISK DENGAN METODE GREY FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS dan ROOT CAUSE ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA OPERASIONAL PERUSAHAAN = SUPPLY CHAIN RISK ANALYSIS USING GRAY FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS AND ROOT CAUSE ANALYSIS METHOD TO IMPROVE COMPANY OPERATIONAL PERFORMANCE


Ansyar, Mustafa Kemal (2023) ANALISIS SUPPLY CHAIN RISK DENGAN METODE GREY FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS dan ROOT CAUSE ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA OPERASIONAL PERUSAHAAN = SUPPLY CHAIN RISK ANALYSIS USING GRAY FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS AND ROOT CAUSE ANALYSIS METHOD TO IMPROVE COMPANY OPERATIONAL PERFORMANCE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071181332_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071181332_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071181332_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071181332_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

MUSTAFA KEMAL ANSYAR. Analisis Supply Chain Risk Dengan Metode Grey Failure Mode And Effect Analysis Dan Root Cause Analysis Untuk Meningkatkan Kinerja Operasional Perusahaan (dibimbing oleh Rosmalina Hanafi dan Syarif M. Parenreng)

Proses aliran rantai pasok dalam sebuah perusahaan akan menghadapi tingkatan risiko yang berbeda-beda tergantung dari tingkat kompleksitas aliran rantai pasok yang dimiliki. Risiko yang kerap terjadi dalam aliran distribusi pada rantai pasok disebabkan oleh adanya vulnerability (kesenjangan) yang dapat menyebabkan kerugian kecil maupun kerugian besar dalam menghambat operasional perusahaan. PT Maruki Internasional Indonesia yang bergerak dalam bidang manufaktur tentunya kerap menghadapi berbagai risiko pada rantai pasokannya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis risiko pada rantai pasok PT Maruki Internasional Indonesia dan merancang strategi mitigasi dan pengendaliannya. Metode yang digunakan adalah GreyFMEA untuk menentukan risiko prioritas dan RCA jenis 5 Whys untuk menentukan akar penyebab risiko dan merancang strategi mitigasi dan penanganannya. Data yang digunakan yaitu hasil wawancara yang dilakukan dengan para ahli perusahaan. Hasil perhitungan terhadap 33 risiko menggunakan GreyFMEA didapatkan nilai hubungan grey dari yang terkecil ke terbesar, kemudian berdasarkan prinsip pareto 20:80 yang dimana 20 % risiko mewakili 80 % risiko sehingga didapatkan 7 risiko yang menjadi prioritas. Hasil strategi mitigasi dan penanganan masing – masing 7 risiko tersebut, pada keterlambatan kayu dan hardboard (ES2) yaitu menerapkan metode pengendalian persediaan yang tepat dan membuat SOP pengadaan barang. Pada kerusakan mesin hot press (EM16) dan kerusakan mesin girocing (EM17) yaitu membuatkan jadwal maintenance, melakukan pengecekan berkala pada spare part, dan menambah mesin. Pada kesalahan input data inventory (ES1) yaitu memperbarui sistem informasi manajemen gudang dan memberikan pelatihan terkait SIM kepada karyawan. Pada karyawan yang izin atau sakit (EM2) yaitu memperbarui fasilitas kerja terutama kursi untuk operator dan melakukan evaluasi kinerja karyawan. Pada pengembalian produk oleh customer (ER1) yaitu memberikan batas toleransi kecacatan, memperketan pengawasan pada final inspection, dan melakukan pengurutan berdasarkan warna dan variasi butsudan pada proses packaging. Pada perubahan permintaan produksi tipe butsudan (EP4) yaitu melakukan riset terkait kecenderungan permintaan pasar dan melakukan riset terhadap produk dari perusahaan lain.

Kata kunci: Rantai Pasok, Risiko Rantai Pasok, PT Maruki Internasional Indonesia, GreyFMEA, RCA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supply Chain, Supply Chain Risk, PT Maruki Internasional Indonesia, GreyFMEA, RCA
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:01
Last Modified: 26 Apr 2024 08:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32668

Actions (login required)

View Item
View Item