GEOLOGI DAN KARAKTERISTIK MINERALISASI EMAS DI PEGUNUNGAN RUMBIA BARATLAUT, BOMBANA = GEOLOGY AND CHARACTERISTIC OF GOLD MINERALIZATION IN NORTHWEST RUMBIA MOUNTAIN, BOMBANA


Takdir, Takdir (2023) GEOLOGI DAN KARAKTERISTIK MINERALISASI EMAS DI PEGUNUNGAN RUMBIA BARATLAUT, BOMBANA = GEOLOGY AND CHARACTERISTIC OF GOLD MINERALIZATION IN NORTHWEST RUMBIA MOUNTAIN, BOMBANA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D062192001_tesis_16-11-2023 CAVER1.jpg

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D062192001_tesis_16-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D062192001_tesis_16-11-2023 DP.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D062192001_tesis_16-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Berkembangnya aktifitas penduduk dalam pengambilan butiran emas di sungai- sungai di Daerah Bombana, telah menarik perhatian berbagai peneliti. Utamanya dalam menemukan sumber mineralisasi yang dapat dijadikan sebagai tipe mineralisasi khusus. Penelitian bertujuan menentukan kumpulan mineralisasi, menentukan kontrol struktur geologi terhadap batuan dan mineralisasi, dan menentukan tipe alterasi dan mineralisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemetaan geologi, petrografi dan mineragrafi, AAS, dan ICP-MS. Batuan penyusun daerah penelitian dibagi kedalam satuan sekis, filit, marmer, dan satuan batupasir. Berdasarkan data pemboran ditemukan batuan metamorf yang terdiri atas sekis tremolit dan batuan hornfels. Sesar utama pada daerah penelitian adalah sesar geser Roko-Roko yang sejajar dengan sesar geser Wumbubangka. Sesar orde kedua adalah sesar yang berpasangan berarah Timurlaut dan Baratlaut dan berasosiasi dengan rekahan ekstensi relatif berarah Utara-Selatan sebagai perangkap mineralisasi vein kuarsa. Alterasi pada batuan samping sekis mika terdiri atas alterasi argilik, silisifikasi, dan serisitisasi yang berasosiasi dengan vein kuarsa berstruktur melembar dan pengisian sesar minor termineralisasi emas, arsenopirit, stibnite, dan cinnabar. Alterasi pada satuan filit terdiri atas alterasi silika-karbonat, silisifikasi, clay-silika, dan serisitisasi termineralisasi emas, arsenopirit, kalkopirit, sfalerit, kalkosit, magnetit, dan hematit dalam bentuk tekstur replacement dan disseminasi. Alterasi pada batuan samping sekis tremolit dan batuan hornfels terdiri atas silisifikasi dan alterasi skarn (garnet, tremolit, epidot, klorit, kuarsa, kalsit) termineralisasi kalkopirit, pirhotit, pirit, arsenopirit, dan scheelite dalam bentuk tesktur pengisian retakan, vein melembar, replacement, dan disseminasi. Berdasarkan kumpulan mineral alterasi, mineral bijih, tekstur mineralisasi, tekstur batuan, serta struktur geologi maka mineralisasi pada penelitian dapat digolongkan ke dalam tipe mineralisasi vein dan tipe skarn tungsten (W).

Keywords : Geologi, vein melembar, skarn, emas, Bombana

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Geology, sheeted vein, skarn, gold, Bombana
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Geologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:10
Last Modified: 25 Apr 2024 02:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32632

Actions (login required)

View Item
View Item