ANALISIS KARAKTERISTIK TOPOGRAFI TERHADAP KETEBALAN DAN AKUMULASI UNSUR DALAM ENDAPAN NIKEL LATERIT PADA AREA PIT ”G” KECAMATAN WOLO KABUPATEN KOLAKA PROVINSI SULAWESI TENGGARA = TOPOGRAPHIC CHARACTERISTIC ANALYSIS OF THICKNESS AND ACCUMULATION OF ELEMENTS IN NICKEL LATERITE DEPOSITS IN THE PIT "G" AREA WOLO DISTRICT, KOLAKA DISTRICT, SOUTHEAST SULAWESI PROVINCE


Pongmaramba, Ananda Diporannu (2023) ANALISIS KARAKTERISTIK TOPOGRAFI TERHADAP KETEBALAN DAN AKUMULASI UNSUR DALAM ENDAPAN NIKEL LATERIT PADA AREA PIT ”G” KECAMATAN WOLO KABUPATEN KOLAKA PROVINSI SULAWESI TENGGARA = TOPOGRAPHIC CHARACTERISTIC ANALYSIS OF THICKNESS AND ACCUMULATION OF ELEMENTS IN NICKEL LATERITE DEPOSITS IN THE PIT "G" AREA WOLO DISTRICT, KOLAKA DISTRICT, SOUTHEAST SULAWESI PROVINCE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D061181501_skripsi_26-10-2023 CAVER1.jpg

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D061181501_skripsi_26-10-2023 BAB 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D061181501_skripsi_26-10-2023 DP.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D061181501_skripsi_26-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Secara administratif daerah penelitian termasuk dalam wilayah PIT G, IUP PT. Ceria Nugraha Indotama, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara karakteristik topografi dan karakteristik laterit daerah penelitian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian lapangan dan pengolahan data menggunakan Software Arcmap 10.8, ArcScene 10.8 dan Surpac 6.3 serta analisis laboratoratorium berupa analisis geokimia dan analisis petrografi.
Hasil analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa karakteristik topografi yang terdapat pada daerah penelitian adalah karakteristik topografi perbukitan rendah curam, perbukitan rendah miring, pedataran berombak. Pada karakteristik topografi perbukitan rendah curam didapatkan endapan laterit yang tipis dan tinggi kadar senyawa MgO dan rendah unsur Ni. Pada karakteristik topografi pedataran berombak memiliki endapan laterit yang tebal pada limonit, dan saprolit yang tipis serta tinggi kadar Fe dan Ni. Pada karakteristik topografi perbukitan rendah miring didapatkan endapan laterit yang paling ideal dengan horizon laterit yang tebal dan tinggi akan kadar Fe dan Ni. Korelasi berdasarkan analisis karakteristik lateritnya menunjukan kemiringan lereng mempengaruhi drainase dari air sebagai media utama proses lateritisasi.

Keywords : Geologi, Geomorfologi, Endapan Laterit, Lateritisasi, Karakteristik Topografi, Ni, Fe, MgO

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Geology, Geomorphology, Laterite Deposits, Laterization, Topographic Karakteristiks, Ni, Fe, MgO
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Geologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:18
Last Modified: 24 Apr 2024 06:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32612

Actions (login required)

View Item
View Item