HUBUNGAN BATUAN DASAR TERHADAP KANDUNGAN Ni PADA BLOK X, KECAMATAN MENUI KEPULAUAN, KABUPATEN MOROWALI, PROVINSI SULAWESI TENGAH = THE RELATIONSHIP OF BASED ROCK TO Ni CONTENT IN BLOCK X, MENUI ARCHIPELAGO DISTRICT, MOROWALI REGENCY, CENTRAL SULAWESI PROVINCE


Nawir, Sitti Aisyah (2023) HUBUNGAN BATUAN DASAR TERHADAP KANDUNGAN Ni PADA BLOK X, KECAMATAN MENUI KEPULAUAN, KABUPATEN MOROWALI, PROVINSI SULAWESI TENGAH = THE RELATIONSHIP OF BASED ROCK TO Ni CONTENT IN BLOCK X, MENUI ARCHIPELAGO DISTRICT, MOROWALI REGENCY, CENTRAL SULAWESI PROVINCE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D061181347_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D061181347_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D061181347_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D061181347_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu faktor yang memengaruhi kadar Ni pada endapan nikel laterit yaitu kondisi bedrock pada endapan laterit tersebut. Batuan ultrabasa merupakan batuan yang membawa kadar Ni pada endapan laterit. Dilakukan penelitian terkait hubungan bedrock terhadap kadar Ni pada Blok X PT. Nusajaya Persadatama Mandiri yang merupakan perusahaan pertambangan nikel laterit di Kabupaten Menui Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah. Adapun tujuan penelitian ini antara lain : (1) untuk mengidentifikasi jenis batuan dasar pada lokasi penelitian, (2) untuk mengetahui hubungan mineralogi batuan dasar dengan Ni pada daerah penelitian, (3) untuk mengetahui hubungan batuan dasar terhadap kadar Ni pada lapisan laterit pada lokasi penelitian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengamatan petrografi dan Geokimia X-Ray Fluorence (X-RF). Adapun hasil yang didapatkan yaitu berdasarkan analisis petrografi dengan menggunakan klasifikasi Streckeisen 1976, terdapat 3 jenis batuan ultrabasa yang terdapat pada daerah penelitian yaitu dunit terserpentinisasi, lherzolit tersepentinisasi, olivin websterite terserpentinisasi. Mineral penyusun pada batuan ultramafik pada lokasi penelitian mengalami peningkatan kadar secara berurutan mineral olivin, orthopiroksin dan clinopiroksin. Terdapat perbedaan kadar Ni pada setiap jenis batuan didapatkan jenis batuan Didapatkan batuan Dunit Terserpentinisasi dan batuan Olivin Websterite Terserpentinisasi menghasilkan Ni dengan kadar 1.3 – 1.7 Wt%, sedangkan batuan Lherzolit Terserpentinisasi menghasilkan Ni dengan kadar 0.3 – 1.7 Wt% maka hubungan antara jenis batuan ultramafic pada batuan dasar dengan kadar Ni pada lapisan laterit di daerah penelitian tidak berhubungan secara langsung terhadap kadar Ni pada lapisan laterit di lokasi penelitian. Adapun faktor lain yang menyebabkan perbedaan kadar Ni pada lapisan laterit yaitu kemiringan lereng, struktur geologi dan iklim pada lokasi penelitian.

Keywords : Batuan Dasar, Batuan Ultrabasa, Geokimia X- RF, Mineralogi, Nikel Laterit, Petrografi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bedrock, Ultramafic Rock, X-RF Geochemistry, Mineralogy, Nickel Laterite, Petrography
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Geologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:19
Last Modified: 24 Apr 2024 06:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32611

Actions (login required)

View Item
View Item