Pemodelan Bijih (Ore) Nikel Dan Estimasi Sumberdaya Terukur Menggunakan Metode Ordinary Kriging Pada Pit K Blok B Pt. Ceria Nugraha Indotama, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara = Nickel Ore Modeling and Measured Resource Estimation Using Ordinary Kriging Method at Pit K Block B Pt. Ceria Nugraha Indotama, Wolo District, Kolaka Regency, Southeast Sulawesi Province


Saleh, Semuel Elnas Minggus (2023) Pemodelan Bijih (Ore) Nikel Dan Estimasi Sumberdaya Terukur Menggunakan Metode Ordinary Kriging Pada Pit K Blok B Pt. Ceria Nugraha Indotama, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara = Nickel Ore Modeling and Measured Resource Estimation Using Ordinary Kriging Method at Pit K Block B Pt. Ceria Nugraha Indotama, Wolo District, Kolaka Regency, Southeast Sulawesi Province. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D061181316_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D061181316_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D061181316_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D061181316_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Nikel merupakan salah satu komoditas tambang paling penting di dunia. Nikel umumnya diproduksi menjadi beberapa jenis seperti logam halus, bubuk, spons, dan lain lain. Estimasi sumber daya dan sebaran kadar mineralisasi bahan galian perlu dilakukan pada setiap tahapan eksplorasi. Tujuan dilakukannya penelitian pada daerah ini yaitu untuk Menjelaskan Karakteristik laterisasi pada daerah penelitian dan membuat pemodelan sebaran nikel yang terdapat di zona saprolit pada daerah penelitian. Penelitian difokuskan untuk mengetahui distribusi serta perhitungan estimasi sumber daya nikel laterit dengan metode Ordinary Kriging pada Pit G PT. Ceria Nugraha Indotama, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Database yang dibutuhkan untuk dilakukannya perhitungan estimasi sumberdaya yaitu data collar, survey, assay, dan juga data topo. Sumber daya terukur unsur Ni dilakukan dengan menggunakan metode Ordinary Kriging. Sebelum melakukan estimasi sumberdaya, data yang akan diolah yaitu data geostatistik diantaranya pembuatan histogram, variogram, dan semi-variogram. Dari data-data tersebut akan menghasilkan data berupa bearing, plunge, dip, nugget, sill, range, major/semi-major, dan major/minor. Setelah data-data ini didapat maka akan dilakukan pemodelan distribusi ni yang kemudian akan dihitung estimasi sumberdaya kadar ni.

Keywords : Nikel, Estimasi Sumber Daya, Ordinary Kriging, Geostatistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nickel, Resource Estimation, Ordinary Kriging, Geostatistics.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Geologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Apr 2024 05:56
Last Modified: 24 Apr 2024 05:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32598

Actions (login required)

View Item
View Item