KARAKTERISTIK GEOKIMIA BATUAN SERPENTINIT TERHADAP PEMBENTUKAN Fe LATERIT PADA BLOK BELAMBUS PT SEBUKU IRON LATERITIC ORES, DAERAH BELAMBUS KALIMANTAN SELATAN = GEOCHEMICAL CHARACTERISTICS OF SERPENTINITE ROCKS AGAINST THE FORMATION OF FE LATERITE IN BLOCKS BELAMBUS PT SEBUKU IRON LATERITIC ORES, AREA BELAMBUS SOUTH KALIMANTAN


Darmawan, Darmawan (2023) KARAKTERISTIK GEOKIMIA BATUAN SERPENTINIT TERHADAP PEMBENTUKAN Fe LATERIT PADA BLOK BELAMBUS PT SEBUKU IRON LATERITIC ORES, DAERAH BELAMBUS KALIMANTAN SELATAN = GEOCHEMICAL CHARACTERISTICS OF SERPENTINITE ROCKS AGAINST THE FORMATION OF FE LATERITE IN BLOCKS BELAMBUS PT SEBUKU IRON LATERITIC ORES, AREA BELAMBUS SOUTH KALIMANTAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D061181033_skripsi_08-08-2023 caver1.jpg

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D061181033_skripsi_08-08-2023 bqb 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D061181033_skripsi_08-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D061181033_skripsi_08-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu faktor yang mempengaruhi kadar Fe pada endapan Fe-laterit yaitu kondisi batuan serpentinit pada endapan laterit tersebut. Batuan serpentinit merupakan batuan yang membawa kadar Fe pada endapan laterit. Dilakukan penelitian terkait karakteristik geokimia batuan serpentinit terhadap pembentukan endapan fe-laterit blok belambus pt sebuku iron lateritic ores daerah belambus kalimantan selatan. Adapun tujuan penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui sifat geokimia Ca, Mg, Si dan Fe pada zona limonit, zona saprolit dan batuan serpentinit di daerah penelitian.(2) mengetahui karakteristik profil Fe laterit pada daerah penelitian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengamatan petrografi, Geokimia X-Ray Fluorence (XRF) dan Inverse Distance Weighting (IDW). Adapun hasil yang didapatkan yaitu karakteristik unsur Ca, Mg dan Si bersifat high mobile sehingga sangat mudah larut dalam proses laterisasi, secara vertikal dari permukaan ke bawah permukaan profil laterit dijumpai kelimpahan unsur-unsur tersebut sedangkan unsur Fe bersifat non mobile dan lebih terkayakan di zona limonit, secara vertikal dari permukaan ke bawah permukaan dijumpai sedikit atau berkurang kelimpahan unsurnya. Berdasarkan dari hasil geokimia menunjukkan bahwa unsur Fe pada daerah penelitian mengalami enrichment pada zona limonit dengan kadar 49,13% - 52,55%. Unsur Fe yang memiliki keterdapatan yang melimpah dikarenakan dari jenis laterit yang berkembang dan didukung oleh batuan serpentinit dan batuan yang telah mengalami proses serpentinisasi sedang hingga tinggi. Proses serpentinisasi mengakibatkan pertambahan mineral-mineral magnetit pada batuan.

Kata kunci : Batuan Serpentinit, Geokimia X-RF, Fe-Laterit, Petrografi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Serpentinite, X-RF Geochemistry, Fe-Laterite, Petrography
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Geologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:52
Last Modified: 24 Apr 2024 02:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32582

Actions (login required)

View Item
View Item