Penanganan Tanah Longsor Pada Daerah Plinth Sandaran Kanan Bendungan Pamukkulu, Desa Kale Ko'mara, Kecamatan Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan = Landslide Handling in the Right Backrest Plinth Area of Pamukkulu Dam, Kale Ko'mara Village, North Polombangkeng District, Takalar Regency, South Sulawesi Province


Senda, Gloria Jovilita Anggreni (2023) Penanganan Tanah Longsor Pada Daerah Plinth Sandaran Kanan Bendungan Pamukkulu, Desa Kale Ko'mara, Kecamatan Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan = Landslide Handling in the Right Backrest Plinth Area of Pamukkulu Dam, Kale Ko'mara Village, North Polombangkeng District, Takalar Regency, South Sulawesi Province. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D061181030_skripsi_09-02-2023 cover1.jpg

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D061181030_skripsi_09-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D061181030_skripsi_09-02-2023 dp.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D061181030_skripsi_09-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Bendungan adalah bangunan yang berupa urukan tanah, urukan batu, dan beton, yang dibangun selain untuk menahan dan menampung air, dapat pula dibangun untuk menahan dan menampung limbah tambang atau menampung lumpur sehingga terbentuk waduk. Pembangunan bendungan sangat bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Oleh karena itu, perlu ditinjau kondisi keamanan bendungan ketika bendungan dalam pengerjaan pembangunan. Material pada daerah penelitian merupakan tanah residual yang mengalami pelapukan yang cukup tinggi. Pada daerah penelitian telah terjadi tanah longsor yang dapat menimbulkan kerugian pada saat pengerjaan pembangunan bendungan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keadaan lereng pada daerah plinth sandaran kanan Bendungan Pamukkulu serta penanganannya agar tidak menimbulkan kerugian. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengamatan langsung di lapangan meliputi perekaman dan pengambilan data dan analisis laboratorium menggunakan metode direct shear. Analisis laboratorium digunakan untuk menentukan nilai kohesi dan sudut geser dalam yang kemudian diolah menggunakan aplikasi Rocscience Slide untuk mendapatkan nilai faktor keamanan sehingga dapat menentukan penanganan tanah longsor pada daerah penelitian. Tindakan penanganan adalah dengan melakukan pengelupasan dinding dengan perbandingan kemiringan lereng yaitu 1 : 1.5 sesuai spesifikasi teknik dan lebar berm 2 meter tiap interval dari setiap ketinggian 5 meter untuk galian terbuka kemudian dilakukan metode shotcrete dengan tebal 10cm.

Keywords : Tanah Longsor, Faktor Keamanan, Rocscience Slide

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Landslides, Safety Factors, Rocscience Slides.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Geologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:09
Last Modified: 24 Apr 2024 02:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32579

Actions (login required)

View Item
View Item