Pola Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik Pada Area Kawasan Bundaran Simpang Lima Gorontalo = Patterns of Public Open Space Utilization in the Simpang Lima Roundabout Area Gorontalo


Faridah, Faridah (2022) Pola Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik Pada Area Kawasan Bundaran Simpang Lima Gorontalo = Patterns of Public Open Space Utilization in the Simpang Lima Roundabout Area Gorontalo. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D042201012_tesis_05-01-2023 cover1.jpg

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D042201012_tesis_05-01-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D042201012_tesis_05-01-2023 dp.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D042201012_tesis_05-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Kota Gorontalo merupakan kota yang sedang berkembang di Provinsi Gorontalo, memiliki beberapa ruang publik sebagai penunjang segala aktivitas masyarakat, antara lain seperti taman kota, sudut jalan, pasar, terminal dan bangunan fisik. Sebagai salah satu upaya penyediaan ruang terbuka publik di Kota Gorontalo, maka dibangun Kawasan Bundaran Simpang Lima yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan aktivitas kawasan dan sekitarnya, namun keberadaan Kawasan Bundaran Simpang Lima mengalami kemacetan yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kepadatan arus lalu lintas, munculnya aktivitas-aktivitas formal dan informal. Akibatnya bahu jalan yang seharusnya digunakan pejalan kaki kini beralih fungsi menjadi parkir kendaraan dan PKL yang mengakibatkan berkurangnya luasan ruang terbuka publik dan kenyamanan pejalan kaki. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola pemanfaatan dan pengoptimalan fungi ruang terbuka publik pada area Kawasan Bundaran Simpang Lima Gorontalo. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang didukung oleh metode survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pemanfaatan ruang terbuka Simpang Lima cenderung terjadi secara melingkar atau radial dan linear mengikuti jalur sirkulasi utama kawasan. Dengan pola pemanfataan aktivitas pada objek kawasan yakni bertemu, belanja, mengobrol dan bekerja, sedangkan begitupun pada pengoptimalan fungsi ruang terbuka publik keberadaan aktivitas informal seperti parkir dan PKL membangkitkan kendaraan yang cukup tinggi sehingga belum optimal atau tidak tercapai. Penelitian ini diharapkan memberikan masukan kepada pemerintah daerah Gorontalo dalam mengambil kebijakan terkait ruang terbuka publik, baik dari segi peraturan penataan, begitupun degan kesesuaian peraturan dengan kebutuhan sarana dan prasarana yang ada di lapangan.

Kata Kunci: Kota Gorontalo; Pola Pemanfaatan, Optimalisasi Fungsi, Ruang Terbuka Publik, Simpang Lima.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: City of Gorontalo; Utilization Patterns, Optimization of Functions, Public Open Spaces, Simpang Lima.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 May 2024 06:50
Last Modified: 14 May 2024 06:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32434

Actions (login required)

View Item
View Item