IMPLEMENTASI JARINGAN SOFTWARE DEFINED NETWORK (SDN) MENGGUNAKAN RYU CONTROLLER PADA RASPBERRY-PI = SOFTWARE DEFINED NETWORK IMPLEMENTATION (SDN) USING RYU CONTROLLER ON RASPBERRY-PI


Kamal, Dirga Utama (2023) IMPLEMENTASI JARINGAN SOFTWARE DEFINED NETWORK (SDN) MENGGUNAKAN RYU CONTROLLER PADA RASPBERRY-PI = SOFTWARE DEFINED NETWORK IMPLEMENTATION (SDN) USING RYU CONTROLLER ON RASPBERRY-PI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D42116312_skripsi_18-08-2023 caver1.jpg

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D42116312_skripsi_18-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D42116312_skripsi_18-08-2023 dp.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D42116312_skripsi_18-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini Software Defined Network (SDN) merupakan generasi baru dalam jaringan yang menggunakan teknologi standar yaitu Openflow. Openflow merupakan standar protokol pada jaringan berbasis Software Defined Network (SDN) yang memisahkan fungsi control dan forwarding sehingga dapat melakukan kendali jarinngan terpusat dan memudahkan melakukan menajemen jaringan. Hubungan antara controller dan perangkat menjadi hal utama dalam teknologi ini. Raspberry-Pi sering disingkat dengan nama Raspi adalah mini PC yang menggunakan system operasi Linux seperti pada umumnya. Raspiberry-Pi dapat digunakan sebagai perangkat Software Defined Network.Software Defined Network juga memungkinkan network admisnistrasi unutk melakukan konfigurasi dan maintenance jaringan melalui sebuah controller tanpa fisik ke perangkat jaringan. Riset SDN dilakukan pada Raspi digunakan unutk sebagai perangkat Controller dan Forwarding namun memliki sebuah kendala port pada perangkat raspi hanya bisa menggunakan satu Link dan kurang cocok digunakan sebagai witch .Pada proyek akhir ini,implementasi dilakukan implementasi jaringan yang berskala kecil menggunakan Open vSwitch sebagai fungsi Forwarding dimana dipasang ke Router yang telah diinstal menggunakan OpenWrt sebagai firmware sehingga mempunyai beberapa port dan Raspi dipasan Ryu Controller sebagai kendali terpusat dan fungsi control.Hasil dari implementasi jaringan berbasis Software Defined Network (SDN) pada proyek ini menunjukan performa dengan Rata-rata Throughput, Rata-rata Delay, Rata-rata Jitter, dan rata-rata Packet loss.

Keywords : Software Defined Network, Router, OpenSwitch, Raspberry-PI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Software Defined Network, Router, OpenSwitch, Raspberry-PI
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:18
Last Modified: 25 Jan 2024 05:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32411

Actions (login required)

View Item
View Item