Pratinjau Desain Dinding Ruangan Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android = Preview of Room Wall Design Using Android-based Augmented Reality


Al Qadri, Andi Muhammad Rifki (2023) Pratinjau Desain Dinding Ruangan Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android = Preview of Room Wall Design Using Android-based Augmented Reality. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D42116022_skripsi_09-08-2023 caver1.jpg

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D42116022_skripsi_09-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (775kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D42116022_skripsi_09-08-2023 dp.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D42116022_skripsi_09-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu tahapan penting dalam pembangunan sebuah rumah, baik secara pribadi maupun oleh pengembang, adalah pemilihan warna cat dinding. Pemilihan warna cat dinding oleh konsumen selama ini dilakukan secara langsung dengan menerka apakah warna cat yang dipilih cocok diaplikasikan pada dinding ruangan mereka. Oleh karena itu, untuk mempermudah konsumen dalam pemilihan warna cat dinding, dibutuhkan sebuah sistem aplikasi berbasis Android, di mana sebagian besar masyarakat telah menggunakan handphone dengan sistem operasi Android. Dalam penelitian ini, akan digunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membantu memilih warna cat yang akan diaplikasikan pada sebuah dinding secara real-time. Solusi ini memungkinkan pengguna ponsel yang sedang memilih warna cat dinding untuk melihat rancangan penggunaan cat pada sebuah dinding menggunakan kamera ponsel. Tujuan penelitian ini adalah merancang aplikasi berbasis AR yang dapat digunakan untuk memilih warna cat dinding. Selain itu, aplikasi ini akan digunakan pada ponsel dengan sistem operasi Android yang dapat menempatkan warna cat pada dinding secara real-time. Sistem ini dapat memberikan prakiraan yang akurat bagaimana warna cat diterapkan pada dinding. Untuk melihat rancangan yang diinginkan, dilakukan beberapa langkah seperti deteksi dinding, oklusi objek untuk memisahkan dinding dan objek lain, serta pemilihan warna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun dari sistem ini dapat menampilkan gambar pratinjau rancangan dinding ruangan dan menentukan warna dinding. Sistem ini dapat diaplikasikan dengan optimal pada ponsel Android yang mendukung Application Programming Interface (API) Depth dan sensor Time-of-Flight (TOF).

Keywords : Dinding, Augmented Reality, Warna, Cat, Depth, Time-of-Flight

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wall, Augmented Reality, Color, Paint, Depth, Time-of-Flight
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:24
Last Modified: 25 Jan 2024 05:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32407

Actions (login required)

View Item
View Item