Evaluasi Pelayanan Terminal Penumpang Pelabuhan Penyeberangan Speedboat Tengkayu I Kota Tarakan = Evaluation of Tengkayu I Speedboat Port Terminal Services In Tarakan City


Pratama, Muhammad Sahid Eno (2023) Evaluasi Pelayanan Terminal Penumpang Pelabuhan Penyeberangan Speedboat Tengkayu I Kota Tarakan = Evaluation of Tengkayu I Speedboat Port Terminal Services In Tarakan City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031181328_skripsi_04-08-2023 cavert1.jpg

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031181328_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031181328_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (833kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031181328_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Kota Tarakan terletak pada provinsi Kalimantan Utara dan sebagai pusat perekonomian di provinsi tersebut. Melihat kondisi geografis Kota Tarakan yang merupakan sebuah pulau dan dikelilingi laut dan sungai, sarana transportasi speedboat berperan penting dalam kelancaran ekonomi. Berdasarkan data dari Statistik Transportasi Provinsi Kalimantan Utara tahun 2021, Kota Tarakan memiliki jumlah penumpang speedboat tertinggi dibandingkan kabupaten lainnya. Pada tahun 2021, jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi speedboat Kota Tarakan sebesar 319.051 pertahun. Banyaknya jumlah penumpang yang menggunakan jasa moda transportasi sungai dan laut dari Pelabuhan Tengkayu I Kota Tarakan seharusnya diimbangi dengan fasilitas pelayanan penumpang yang memadai, salah satunya fasilitas pelayanan di dalam terminal penumpang yang mendasar pada Peraturan Menteri No. 37 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) yang digunakan untuk memperoleh tingkat kesesuaian antara kinerja layanan dengan harapan pengguna jasa pelayanan. Berdasarkan hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA), diperoleh nilai keseluruhan tingkat kesesuaian antara tingkat kinerja dan tingkat harapan pada pelayanan terminal penumpang di Pelabuhan Tengkayu I yang diperoleh sebesar 73% (baik). Indikator kinerja yang berada pada prioritas utama dalam hal ini indikator kinerja yang dinilai belum memuaskan menurut pengguna jasa terminal penumpang, yaitu ketersediaan fasilitas kesehatan, fasilitas informasi jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal, ruang pelayanan kesehatan, informasi pelayanan, informasi waktu kedatangan dan keberangkatan kapal, fasilitas difable, dan fasilitas ibu menyusui.

Keywords : Kinerja; Pelayanan; Penumpang; Importance Performace Analysis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Performace; Service; Passenger; Importance Performance Analysis
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 May 2024 00:35
Last Modified: 08 May 2024 00:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32325

Actions (login required)

View Item
View Item