STUDI TAHANAN KAPAL AKIBAT PENAMBAHAN DOUBLE GOTHIC VORTEX GENERATOR: POSISI BERSILANGAN PADA LAMBUNG KAPAL = STUDY OF SHIP RESISTANCE DUE TO THE ADDITION OF DOUBLE GOTHIC VORTEX GENERATOR: CROSS POSITION ON SHIP BILL


Sopyan, Anwar (2023) STUDI TAHANAN KAPAL AKIBAT PENAMBAHAN DOUBLE GOTHIC VORTEX GENERATOR: POSISI BERSILANGAN PADA LAMBUNG KAPAL = STUDY OF SHIP RESISTANCE DUE TO THE ADDITION OF DOUBLE GOTHIC VORTEX GENERATOR: CROSS POSITION ON SHIP BILL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031181309_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031181309_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031181309_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031181309_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Dewasa ini, trend desain kapal cepat mengalami perubahan atau modifikasi guna mendapatkan desain kapal yang menjamin performa dan meminimalisir nilai tahanan kapal, salah satu cara yakni penambahan vortex generator. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai tahanan kapal menggunakan vortex generator dan tanpa vortex generator serta menentukan karakteristik aliran fluida yang terjadi di sepanjang lambung kapal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komputasi dengan bantuan software Maxsurf Modeller dan Rhinoceros 6 untuk pemodelan, serta Autodesk CFD (Computational Fluid Dynamic) dalam penentuan nilai tahanan kapal. Hasil yang didapat terjadi pengurangan tahanan kapal dengan penambahan vortex generator. Melalui penelitian ini diketahui terjadi pengurangan nilai tahanan model kapal dengan kecepatan 0,75 m/s, 1,513 m/s, 2,016 m/s, dan 2,762 m/s dengan adanya penambahan vortex generator. Dengan persentase pengurangan terbesar terjadi pada kecepatan 2,016 yaitu 14,01 % lebih kecil dibanding dengan model kapal tanpa vortex generator dengan kondisi trim 2 derajat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa vortex generator terbukti dapat mengurangi tahanan kapal dan dapat berfungsi optimal pada kecepatan 2,016 m/s.

Keywords : Tahanan Kapal, Vortex Generator, dan Autodask CFD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ship Resistance, Vortex Generator, and CFD Autodask
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 May 2024 06:34
Last Modified: 08 May 2024 06:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32316

Actions (login required)

View Item
View Item