ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI PONTON KAPAL ISAP PRODUKSI DENGAN VARIASI PENEGAR = ANALYSIS OF THE STRENGTH CONSTRUCTION PONTOONS OF PRODUCTION SUCTION DRAGER WITH STIFFENER VARIATION


Imran, Imran (2023) ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI PONTON KAPAL ISAP PRODUKSI DENGAN VARIASI PENEGAR = ANALYSIS OF THE STRENGTH CONSTRUCTION PONTOONS OF PRODUCTION SUCTION DRAGER WITH STIFFENER VARIATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031181026_skripsi_04-01-2023 CAVER1.jpg

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031181026_skripsi_04-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031181026_skripsi_04-01-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031181026_skripsi_04-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Imran, 2022 “Analisis Kekuatan Konstruksi Ponton Kapal Isap Produksi dengan Variasi Penegar” (dibimbing oleh Andi Ardianti dan Hamzah).
KIP adalah adalah singkatan dari kapal isap produksi, kapal ini memiliki fungsi untuk menggali lapisan tanah di bawah laut untuk menghisap mineral-mineral yang akan diolah menjadi timah. Pembuatan KIP tidak merujuk pada regulasi klasifikasi, kapal ini merupakan kapal non-class. Proses pembangunan kapal ini dilakukan berdasarkan pengalaman sehingga konstruksi kapal ini bisa saja berlebihan atau overkonsruksi sehingga kapal sangat berat.
KIP menggunakan ponton sebagai alat apung, 1 unit KIP memiliki 3 sampai dengan 5 ponton bergantung pada lebar kapal. Dengan melihat dari kasus tersebut maka penelitian ini bermaksud untuk mencoba menganalisis kekuatan ponton KIP dengan banyaknya penegar atau tanpa penegar pada ponton, sehingga efektif bagi kapal yakni aman dan ekonomis. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi numerik pada model struktur ponton menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan Software Ansys Mechanical APDL. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa, dalam kondisi pembebanan statis dengan meniadakan penegar sisi longitudinal pada tabung silinder ponton KIP menyebabkan kenaikan tegangan normal serta tegangan geser yang relative sangat kecil, sehingga penegar sisi longitudinal boleh dihilangkan karena memiliki konstribusi terhadap konstruksi ponton relatif kecil, begitu pula dengan meniadakan penegar diagonal dan penegar sekat vertikal menyumbang konstribusi kekuatan cukup kecil pada kondisi pembebanan statis. Sedangkan dengan meniadakan penegar bottom menyebabkan kenaikan tegangan tegangan normal serta tegangan geser yang sangat besar, sehingga penegar bottom pada tabung silinder sangat vital dalam kekuatan konstruksi ponton, maka penegar bottom sangat diperlukan pada kondisi pembebanan statis.

Kata Kunci: ansys; ponton KIP; penegar; kekuatan; tegangan izin BKI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ansys; PSD pontoons; stiffener; strength; BKI allowable stress
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 May 2024 00:25
Last Modified: 08 May 2024 00:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32313

Actions (login required)

View Item
View Item