Mawardi, Mawardi (2023) Studi Variasi Jarak Side Transverse (Pelintang Sisi) pada Konstruksi WingTank Oil Tanker = Study on Variation of Side Transverse Spacing in Wingtank Oil Tanker Construction. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031181016_skripsi_16-11-2023 caver1.jpg
Download (231kB) | Preview
D031181016_skripsi_16-11-2023 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
D031181016_skripsi_16-11-2023 dp.pdf
Download (500kB)
D031181016_skripsi_16-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Kapal tanker memiliki aturan khusus yang mengharuskan mengadopsi konstruksi double hull dimana tangki muat (cargo tank) harus dikelilingi tangki lain yang terdiri dari double bottom tank dan wing tank. Pada konstruksi wingtank terdapat komponen konstruksi pelintang sisi (side transverse) sebagai komponen kekuatan melintang kapal. Pada umumnya jarak antar pelintang sisi dengan dimensi yang sama dibuat identik, namun jarak antar pelintang sisi pada kapal tanker SM-90 dibuat 2 jenis yaitu 3a0 dan 4a0, yang mana a0 adalah jarak antar gading normal, yang diatur sedemikian rupa demi tercapainya kekuatan kapal yang diharapkan dan efisien dalam hal penggunaan material. Penelitian ini dilakukan untuk mencari pengaturan jarak antar pelintang sisi yang paling efisien yang bisa diterapkan, bukan hanya pada kondisi normal, namun pada kondisi kapal yang ekstrem. Penelitian ini dilakukan dengan simulasi numerik metode elemen hingga dengan perangkat lunak ANSYS mechanical APDL pada 4 model dengan variasi jarak pelintang sisi yang berbeda, pada 3 kondisi sarat yang berbeda, dan beban dari muatan diabaikan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa variasi yang memiliki nilai tegangan maksimum di bawah nilai tegangan izin pada semua kondisi pembebanan adalah variasi yang jarak antar pelintang sisinya selang-seling 3a0 dan 4a0 dengan nilai tegangan maksimum 179.51 MPa dan variasi yang jarak antar pelintangnya 3a0 namun 2a0 khusus pada tengah tangki yang nilai tegangan maksimumnya 158.4 MPa. Semua variasi memiliki respon yang sama terhadap pembebanan yang diberikan dengan tegangan maksimum terjadi pada tepi manhole di kompartemen bawah dan hanya memilki nilai tegangan yang berbeda. Variasi yang jarak antar pelintangnya selang-seling 3a0 dan 4a0 dianggap paling efisien karena nilai tegangannya yang kurang dari tegangan izin dan jumlah pelintang sisi yang digunakan lebih sedikit dari variasi yang jarak antar pelintangnya 3a0 pada ujung dan 2a0 pada tengah tangki.
Keywords : wingtank, pelintang sisi, tegangan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | wingtank, side transverse, stress. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 06:20 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 06:20 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32308 |