Asidiq, Muh. Irham (2022) STUDI TAHANAN AKIBAT PENGARUH LAMBUNG PLANING HULL DAN STEPPED 2V = RESISTANCE STUDIES DUE TO THE INFLUENCE OF HULL PLANING HULL AND STEPPED 2V. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031171314_skripsi_04-01-2023 CAVER1.jpg
Download (300kB) | Preview
D031171314_skripsi_04-01-2023 BAB 1-2.pdf
Download (1MB)
D031171314_skripsi_04-01-2023 DP.pdf
Download (968kB)
D031171314_skripsi_04-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Kapal merupakan transpotasi laut yang memiliki efektivitas tinggi dalam pembangunannya. Dari jenis kapal tersebut terdapat kapal dengan misi kecepatan tinggi, kapal dengan spesifikasi ini biasanya memiliki kepentingan. Adapun jenis lambung kapal yang memiliki kecepatan tinggi, seperti; kapal displacement, semi-planing, dan planing. Hal ini menyebabkan mendorong perkembangan terhadap studi kapal cepat untuk mengatasi beberapa hal seperti tahanan kapal. Sehingga dilakukan modifikasi lambung, modifikasi yang dimaksud yaitu Stepped hull. Dalam penelitian ini, melakukan studi stepped berbentuk 2V dengan variasi jumlah; 1 Stepped, 2 Stepped, dan 3 Stepped. Pada pengujian model didapatkan hasil anilisis peningkatan kecepatan menyebabkan kenaikan trim kapal. Dari hasil pengujian, dilakukan perhitungan tahanan kapal dengan mengunakan software maxsurf. Sehingga dilakukan analisis perbandingan nilai tahanan, didapatkan hasil bahwa persentase penurunan tahanan, pada stepped 2 pada FnV 2 sebesar 28.12% dan FnV 3.25 sebesar 32.18% stepped 3 pada FnV 2 sebesar 60.35% dan FnV 3.25 sebesar 61.76%.
Keywords : Stepped, Maxsurf, Trim, Tahanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stepped, Maxsurf, Trim, Resistance. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 06:23 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 06:23 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32302 |