Desain Sistem Informasi Pada Divisi Manajemen Fasilitas Di PT Industri Kapal Indonesia (PERSERO) = Design Of Facilities Management Division Information System In PT Industri Kapal Indonesia (PERSERO)


Manangkasi, Fachnur Ramadhan (2023) Desain Sistem Informasi Pada Divisi Manajemen Fasilitas Di PT Industri Kapal Indonesia (PERSERO) = Design Of Facilities Management Division Information System In PT Industri Kapal Indonesia (PERSERO). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031171310_skripsi_04-01-2023 CAVER1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031171310_skripsi_04-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031171310_skripsi_04-01-2023 DP.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031171310_skripsi_04-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Proses pembangunan kapal adalah sebuah proses yang sangat kompleks, terkhusus dalam memanajemen pembangunan kapal. Pembangunan kapal sangat erat kaitannya dengan waktu dan biaya. PT. Industri Kapal Indonesia sampai saat ini pada divisi manajemen fasilitasnya masih menggunakan pertukaran informasi dengan cara yang manual atau belum terdigitalisasi sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam penyelesaiannya, karena projek yang dikerjakan ini terlambat maka biaya dalam pembangunan kapal akan membengkak dan mengakibatkan kerugian. Oleh karena itu usaha untuk mengoptimasikan waktu dan biaya sangat penting dalam perencanaan suatu proyek bangunan kapal. Dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian mendesain sebuah sistem informasi digital pada divisi manajemen fasilitas untuk memudahkan perpindahan/aliran informasi baik ke dalam maupun ke luar divisi ini agar dapat memperbaiki permasalahan yang terjadi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer; informasi yang didapat dari divisi manajemen fasilitas ke divisi lain dan sebaliknya dan data sekunder; terdiri dari data kapal dan gambar-gambar konstruksi kapal Ferry Ro-Ro 750 GT. Data tersebut akan dirancang dalam sebuah desain sistem informasi menggunakan VBA (Visual Basic for Application). Hasil Peneilitian ini mencakup sistem informasi pada aplikasi ini hanya terbatas pada Bagian Manajemen fasilitas, dengan menerima informasi dari Departemen Produksi, Divisi Perencanaan Produksi dan Divisi Pergudangan. Level sistem informasi bagian manajemen fasilitas yang dirancang adalah MIS (Management Information System).

Keywords : Desain Sistem Informasi, Manajemen Fasilitas, Kapal, VBA (Visual Basic for Application)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Information System Design, Warehouse, Ship, VBA (Visual Basic for Application)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:29
Last Modified: 22 Jan 2024 06:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32298

Actions (login required)

View Item
View Item