Kajian Tarif Angkutan Penyeberangan Lintas Bira - Pamatata Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan Ability to Pay (ATP) = Study of Cross-Brief Ferry Tariff - Pamatata Based on Vehicle Operational Costs (BOK) and Ability to Pay (ATP)


Ramadhani, Nurul Hikmah (2023) Kajian Tarif Angkutan Penyeberangan Lintas Bira - Pamatata Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan Ability to Pay (ATP) = Study of Cross-Brief Ferry Tariff - Pamatata Based on Vehicle Operational Costs (BOK) and Ability to Pay (ATP). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116510_skripsi_05-05-2023 cover1.jpg

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D31116510_skripsi_05-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116510_skripsi_05-05-2023 dp.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116510_skripsi_05-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Usaha pelayaran merupakan salah satu usaha bersifat finance, sehingga rasio atau perbandingan antara biaya operasional dengan pendapatan sangat penting dan berperan dalam menentukan tarif. Perhitungan biaya operasional kapal yang sangat berpengaruh dalam penentuan tarif moderat antara pengusaha pelayaran dengan kemampuan pengguna jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung tarif minimum dan kemampuan pengguna jasa angkutan penyeberangan trayek Bira – Pamatata dan kemungkinan perubahan status trayek perintis menjadi komersil. Metode yang digunakan untuk menghitung tarif minimum adalah metode Required Freigh Rate (RFR) berdasarkan biaya operasional kendaraan (BOK). Sedangkan untuk menghitung kemampuan membayar pengguna jasa digunakan metode Ability to Pay (ATP). Kedua tarif tersebut menjadi tolak ukur kemungkinan perubahan status pelayaran perintis pada trayek kajian menjadi komersil. Penelitian ini dilakukan pada kapal yang melayani trayek Bira – Pamatata yaitu KMP. Bontoharu. Hasil penelitian ini diperoleh BOK selama satu tahun sebesar Rp.8.252.151.695 dan tarif yang diperoleh untuk penumpang kelas ekonomi lintasan Bira - Pamatata sebesar Rp.23.990. Tarif yang berlaku saat ini untuk penumpang kelas ekonomi lintasan Bira - Pamatata sebesar Rp.22. 000 Kemampuan membayar pengguna jasa rata – rata untuk trayek yang diperoleh sebesar Rp.19.395. Kemampuam membayar penguna jasa masih berada dibawah tarif minimum, sehingga status trayek perintis belum bisa diubah menjadi komersil.

Keywords : Tarif, Angkutan Penyeberangan,Biaya Operasional Kendaraan(BOK), Ability to Pay (ATP), Perintis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fares, Ferry Transport, Vehicle Operational Costs (BOK), Ability to Pay (ATP), Perintis.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 May 2024 06:12
Last Modified: 08 May 2024 06:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32289

Actions (login required)

View Item
View Item