PENGARUH PENGGUNAAN MATERIAL KOMPOSIT ALUMINIUM-ALUMINA (Al+Al₂O₃) SEBAGAI THERMAL STORAGE TERINTEGRASI PADA PELAT ABSORBER BERBENTUK DATAR TERHADAP EFISIENSI SOLAR WATER HEATER = EFFECT OF THE USE OF ALUMINUM-COMPOSITE MATERIALS ALUMINA (Al+Al₂O₃) AS INTEGRATED THERMAL STORAGE ON EFFICIENCY FLAT SHAPED ABSORBER PLATES SOLAR WATER HEATER


Zhaldi, Zhaldi (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MATERIAL KOMPOSIT ALUMINIUM-ALUMINA (Al+Al₂O₃) SEBAGAI THERMAL STORAGE TERINTEGRASI PADA PELAT ABSORBER BERBENTUK DATAR TERHADAP EFISIENSI SOLAR WATER HEATER = EFFECT OF THE USE OF ALUMINUM-COMPOSITE MATERIALS ALUMINA (Al+Al₂O₃) AS INTEGRATED THERMAL STORAGE ON EFFICIENCY FLAT SHAPED ABSORBER PLATES SOLAR WATER HEATER. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D021181009_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D021181009_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D021181009_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D021181009_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2026.

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

ZHALDI. Pengaruh Penggunaan Material Komposit Aluminium-Alumina (Al+Al₂O₃) Sebagai Thermal Storage Terintegrasi Pada Pelat Absorber Berbentuk Datar Terhadap Efisiensi Solar Water Heater (dibimbing oleh Prof. Dr,Eng.Jalaluddin, ST.,MT. dan Dr.Muhammad Syahid, ST.,MT.) Penelitian ini bertujuan untuk menemukan material penyimpan energi panas dari komposit yang cocok digunakan pada sistem pemanas air tenaga surya. Analisis kinerja kolektor pelat datar dengan penambahan komposit aluminium-alumina melalui pengujian eksperimen. Karakteristik sifat termal material komposit aluminium-alumina juga akan dianalisa berdasarkan komposisi persentase berat alumina 65%-35%.Pengambilan data dilakukan di Laboratorium Energi Terbarukan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dengan menggunakan Alat Gunt ET-202 kemudian efisiensi pelat kolektor bentuk datar dengan penambahan material komposit Aluminium-Alumina akan dibandingkan dengan pelat kolektor bentuk datar tanpa penambahan material komposit dengan variasi sudut kemiringan 0°, 10°, dan 30° untuk masing-masing panel.Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksperimen. Pelat kolektor yang digunakan dalam pengujian adalah pelat kolektor datar yang telah diintegrasikan dengan material komposit Aluminium-Alumina. Pelat kolektor diberikan perlakuan 3 sudut kemiringan berbeda yaitu 0°, 10°, dan 30°. Kemudian dibandingkan dengan pelat kolektor datar tanpa diberi tambahan material komposit Aluminium-Alumina dengan perlakuan yang sama. Fenomena efisiensi yang terjadi pada pelat kolektor terintegrasi dengan material komposit Aluminium-Alumina pada sudut kemiringan 0° berhasil menaikkan efisiensi pelat kolektor dengan selisih 3,18% lebih tinggi dibandingkan dengan pelat kolektor tanpa penambahan material komposit. Pelat kolektor terintegrasi dengan Aluminium-Alumina berhasil menaikkan efisiensi pelat kolektor pada sudut kemiringan 10° dengan selisih lebih tinggi 1,51% dan pelat kolektor terintegrasi Aluminium-Alumina pada sudut kemiringan 30° lebih rendah dibandingkan pelat kolektor tanpa penambahan material komposit kerena pelat kolektot tanpa penambahan material komposit lebih maksimal memberikan kalornya ke air, sedangkan pelat kolektor dengan penambahan material Aluminium-Alumina panas yang diserap kolektor dipindahkan ke komposit namun panas yang diserap tidak semua bisa dipindahkan ke komposit, ini disebakan karena faktor kemiringan menjadikan panas yang dipindahkan tidak seragam tentunya posisi yang dekat dengan sumber kalor lebih tinggi sedangkan posisi yang jauh dari sumber panasnya lebih rendah dengan selisih 4,09%.

Kata Kunci : Komposit, Aluminium-Alumina, Efisiensi, Thermal Energi Storage.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Composite, Aluminum-Alumina, Efficiency, Thermal Energy Storage.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 May 2024 05:28
Last Modified: 07 May 2024 05:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32247

Actions (login required)

View Item
View Item