PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP KINERJA PARIWISATA DI SULAWESI SELATAN (Studi Daya Tarik, Inovasi, Pelayanan, Kepuasan dan Kinerja Pariwisata dalam Perspektif Demand Side) = TOURIST'S PERCEPTION ON TOURISM PERFOMANCE IN SOUTH SULAWESI (A Study on Attraction, Innovation, Service, Satisfaction, and Tourism Perfomance in the demand side perspective)


Girikallo, Adrianus Surianto (2019) PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP KINERJA PARIWISATA DI SULAWESI SELATAN (Studi Daya Tarik, Inovasi, Pelayanan, Kepuasan dan Kinerja Pariwisata dalam Perspektif Demand Side) = TOURIST'S PERCEPTION ON TOURISM PERFOMANCE IN SOUTH SULAWESI (A Study on Attraction, Innovation, Service, Satisfaction, and Tourism Perfomance in the demand side perspective). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
ADRIANUS SURIANTO GIRIKALLO_disertasi_P0500314002.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (20MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas objek dan daya tarik wisata, inovasi produk wisata, kualitas pelayanan dan kepuasan wisatawan terhadap kinerja destinasi pariwisata di selawesi selatan.Penelitian ini menggunakan melalui survey langsung berdasarkan penyampelan nonprobabilitas terhadap para wisatawan mancanegara dan domestik di kota/kabupaten daerah tujuan wisata di sulawesi selatan. Jumlah responden sebanyak 250 orang yang memenuhi persyaratan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan metode structural equation modeling(SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas objek dan daya tarik wisata tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja pariwisata namun berpengaruh tidak langsung dan signifikan melalui kepuasan wisatawan terhadap kinerja pariwisata. (2) Inovasi produk wisata berpengaruh positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui) kepuasan wisatawan terhadap kinerja pariwisata. (3) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui) kepuasan wisatawan. (4) kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pariwisata.

Kata kunci: Kualitas, ODTW, inovasi, pelayanan, kepuasan, kinerja pariwisata.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, ODTW, inovasi, pelayanan, kepuasan, kinerja pariwisata.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:59
Last Modified: 18 Jan 2024 01:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32230

Actions (login required)

View Item
View Item