KAJIAN PENERAPAN KONSTRUKSI BERKELANJUTAN PADA PEMBANGUNAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) LIKUPANG = STUDY ON THE APPLICATION SUSTAINABLE CONSTRUCTION IN THE DEVELOPMENT OF LIKUPANG SPECIAL ECONOMIC ZONE


Pangemanan, Daisy Debora Grace (2022) KAJIAN PENERAPAN KONSTRUKSI BERKELANJUTAN PADA PEMBANGUNAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) LIKUPANG = STUDY ON THE APPLICATION SUSTAINABLE CONSTRUCTION IN THE DEVELOPMENT OF LIKUPANG SPECIAL ECONOMIC ZONE. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D013191012_disertasi_11-01-2023 cover1.jpg

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D013191012_disertasi_11-01-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D013191012_disertasi_11-01-2023 dp.pdf

Download (795kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D013191012_disertasi_11-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Konstruksi berkelanjutan mulai menjadi fokus dinegara berkembang seperti di Indonesia. Banyak permasalahan yang harus diperhatikan dalam implementasi konstruksi berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi konstruksi berkelanjutan pada pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, selanjutnya mendesain model dan strategi untuk mengimplementasikan konstruksi berkelanjutan pada pembangunan KEK Likupang. Metode yang digunakan merupakan mix method untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konstruksi berkelanjutan. Riset ini melibatkan 80 (delapan puluh) responden dari berbagai stakeholder seperti kontraktor, konsultan, akademisi, pemilik perusahaan, pemerintah dan masyarakat. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis SEM-PLS dan data kualitatif menggunakan analisis SWOT untuk mendesain strategi penyelenggaraan konstruksi berkelanjutan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor ekonomi dan faktor pemerintah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap konstruksi berkelanjutan. Sedangkan faktor sumber daya manusia dan faktor budaya memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan mempengaruhi konstruksi berkelanjutan. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa faktor lingkungan, sosial dan investasi memiliki pengaruh negatif pada implementasi konstruksi berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor yang berpengaruh positif dan signifikan harus diperkuat dengan mengutamakan peran pemerintah dalam rangka implementasi konstruksi berkelanjutan yang berdampak pada faktor ekonomi, didesain strategi unggulan yaitu membentuk Centre of Sustainability Construction (COSC), Mengintegrasikan Manajemen Proyek konvensional ke COSC, menyusun pemetaan peran budaya/lkearifan lokal pada setiap tahapan penyelenggaraan konstruksi berkelanjutan, untuk mengurangi dampak faktor yang berpengaruh negatif, mengakomodir dan merangkum strategi yang ada.

Keywords : Konstruksi berkelanjutan, Stakeholder, KEK Likupang, mix method

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Sustainable Construction, Stakeholders, SEZ Likupang, Mix Methode
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:04
Last Modified: 18 Jan 2024 02:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32223

Actions (login required)

View Item
View Item