STUDI PERBAIKAN FAKTOR DAYA DAN TEGANGAN AKIBAT PEMBEBANAN PADA SISTEM KELISTRIKAN KAPAL LATIH SULTAN HASANUDDIN


Muh. Amin R, Muh. Amin R (2020) STUDI PERBAIKAN FAKTOR DAYA DAN TEGANGAN AKIBAT PEMBEBANAN PADA SISTEM KELISTRIKAN KAPAL LATIH SULTAN HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D41116005_skripsi_23-10-2020(FILEminimizer)_Hal_Judul1.jpg

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
D41116005_skripsi_23-10-2020(FILEminimizer)_1-2.pdf

Download (996kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D41116005_skripsi_23-10-2020(FILEminimizer)_Daftar Pustaka dan Lamp..pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D41116005_skripsi_23-10-2020(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Kualitas energi pada sistem kelistrikan yang baik merupakan keharusan untuk menjaga semua peralatan dapat berfungsi baik dan awet. Diantaranya adalah memiliki tegangan stabil dengan batas tegangan 5% overvoltage dan 10% undervoltage dan faktor daya stabil (0.85 < cos phi ≤ 1.0, SPLN 70 nomor 1 tahun 1985). Tetapi akibat penggunaan banyak peralatan listrik yang bersifat beban induktif, mengakibatkan perubahan tegangan dan menurunnya faktor daya sehingga efisiensi penggunaan daya berkurang. Agar faktor daya dan tegangan tetap stabil maka diperlukan pemasangan kapasitor yang kapasitasnya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing beban. Skripsi ini membahas mengenai studi perbaikan faktor daya dan tegangan akibat pembebanan pada sistem kelistrikan kapal latih Sultan Hasanuddin. Analisis dilakukan berdasarkan prinsip aliran daya dengan metode Newton-Raphson menggunakan bantuan pemecahan dengan software Electrical Transient and Analysis Program (ETAP) 16.0. Simulasi yang dilakukan mengamati kondisi tegangan dan faktor daya pada masing-masing beban listrik sebelum dan sesudah dipasang kapasitor pada tiga kondisi kapal yakni pada kondisi sandar, berlayar dan manuver. Hasil analisis menunjukkan besarnya perubahan faktor daya pada kondisi berlayar 13% (dari 0.859 menjadi 0.971), manuver 13.6% (dari 0.858 menjadi 0.971), serta kondisi sandar 3% (dari 0.835 menjadi 0.863) dan tegangan 0.025% yang terjadi pada kapal latih Sultan Hasanuddin setelah pemasangan kapasitor. Selain itu dengan adanya pemasangan kapasitor maka besarnya daya yang dapat dihemat dalam sekali pelayaran selama 12 jam adalah 10.4% dari kebutuhan daya awal. Kata kunci: faktor daya, kestabilan tegangan, kapasitor, kapal latih Sultan Hasanuddin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:47
Last Modified: 06 Nov 2024 04:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item
View Item