EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN PADA LAHAN SAWAH IRIGASI DI KABUPATEN GOWA (Kasus Desa Bontobuddung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan)


Syamsinar, Syamsinar (2023) EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN PADA LAHAN SAWAH IRIGASI DI KABUPATEN GOWA (Kasus Desa Bontobuddung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116034_skripsi_09-08-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116034_skripsi_09-08-2023 cover1.png

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
G21116034_skripsi_09-08-2023 dp.pdf

Download (907kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
G21116034_skripsi_09-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN PADA LAHAN SAWAH IRIGASI DI KABUPATEN GOWA (KASUS DESA BONTOBUDDUNG, KECAMATAN TOMPOBULU, KABUPATEN GOWA, PROVINSI SULAWESI SELATAN)

Syamsinar*, Hatta Jamil, Anwar Sulili,
Muslim Salam, A. Amrullah
Program Studi Agribisnis, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian,
Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin, Makassar.
*Kontak Penulis: sinarakbar1998@gmail.com

Kecamatan Tompobulu merupakan salah satu kecamatan yang ada dikabupaten gowa Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki potensi sumberdaya pada bidang tanaman padi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan signifikansi-korelasi antara masing-masing Variabel Laten (Latent Variables) dengan Variabel Pengukurnya (Measured Variable) dan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung variabel laten eksogen pendidikan formal dan aset usahatani, dan pengaruh langsung Variabel Perantara Sumber Daya Manusia terhadap Variabel Endogen Efektivitas Penyuluhan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa kecamatan Tompobulu merupakan Kecamatan dengan luas lahan irigasi terbanyak ketiga dari 18 kecamatan serta tidak memiliki lahan sawah Non Irigasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari- Maret 2020. Jumlah responden dalam penelitian sebanyak 60 orang petani yang dipilih secara acak. Data diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diolah secara deskriptif, sedangkan data kuantitatif diolah menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan Software Linear Structural Relationship (PLS) 4.0. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Variabel Pendidikan berpengaruh tidak signifikan secara tidak langsung melalui Variabel Sumber Daya Manusia terhadap Variabel Efektivitas Penyuluhan Pertanian. Sementara Variabel Aset Usahatani memberikan pengaruh signifikan melalui Variabel Efektivitas Penyuluhan Pertanian sedangkan untuk pengaruh Melaui Variabel Sumber Daya Manusia, Variabel Aset Usahatani juga berpengaruh signifikan. Variabel Sumber Daya Manusia memberikan pengaruh tidak signifikan terhadap Variabel Efektivitas Penyuluhan Pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas Penyuluhan Pertanian; Usahatani Padi; Structural Equation Modelling; Linear Structural Relationship.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:44
Last Modified: 15 Jan 2024 02:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32120

Actions (login required)

View Item
View Item