STUDI REKAYASA DAN MANAJEMEN LALU LINTAS UNTUK PENGOPERASIAN JALAN TOL LAYANG A.P. PETTARANI = STUDY OF ENGINEERING AND TRAFFIC MANAGEMENT FOR THE OPERATION OF THE A.P. PETTARANI MAKASSAR TOLL ROAD


Kuku, Abdi Irawan N. (2022) STUDI REKAYASA DAN MANAJEMEN LALU LINTAS UNTUK PENGOPERASIAN JALAN TOL LAYANG A.P. PETTARANI = STUDY OF ENGINEERING AND TRAFFIC MANAGEMENT FOR THE OPERATION OF THE A.P. PETTARANI MAKASSAR TOLL ROAD. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D012182016_tesis_04-01-2023 cover1.jpg

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D012182016_tesis_04-01-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D012182016_tesis_04-01-2023 dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D012182016_tesis_04-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 January 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Perkembangan wilayah khususnya kota makassar berdampak besar terhadap aktivitas lalu lintas yang menimbulkan permasalahan lalu lintas. Untuk itu, studi ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh pengoperasian Jalan tol layang makassar terhadap lalu lintas disekitarnya, khususnya pada simpang Jln. A.P. Pettarani – Jln. Boulevard dan Jln A.P. Pettarani – Jln. Let. Jend. Hertasning. Data yang diperlukan dalam studi ini mencakup survei volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, panjang antrian, data geomtrik jalan yang dilakukan pada hari selasa, rabu, sabtu, minggu, dengan periode waktu survei dimulai pada jam 07.00 – 09.00, 12.00 – 14.00, dan 16.00 – 18.00. Studi rekayasa berupa simulasi lalu lintas menggunakan software vissim. Dari hasil simulasi lalu lintas pada hari rabu terdapat 3 pendekat simpang dengan panjang antrian terbesar terjadi pada jam 16.00-18.00, yakni pendekat Boulevard 273.85 meter pada hari rabu dan 222.71 meter pada hari sabtu. Penerapan rekasaya lalu lintas dengan alternatif perubahan waktu signal lalu lintas pada simpang A.P. Pettarani-Boulevard didapatkan penurunan sebesar 26.21 meter dan 23.75 meter dari kondisi eksisting pada hari rabu dan sabtu. Dan untuk penerapan alternatif perubahan arah pergerakan lalu lintas pada simpang A.P. Pettarani – Let. Jend. Hertasning, penurunan panjang antrian kendaraan pada pendekat Boulevard sebesar 21.31 meter dan 17.56 dari kondisi eksisting pada hari rabu dan sabtu.

Keywords : Rekayasa lalu lintas, Vissim, Tol layang makassar

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Traffic engineering, Vissim, Makassar elevated toll road
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:32
Last Modified: 15 Jan 2024 02:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32116

Actions (login required)

View Item
View Item