PENATAAN RUANG DAERAH SEMPADAN SUNGAI MANDAR KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLMAN = SPATIAL PLANNING OF RIVER BORDER AREA IN MANDAR RIVER AT TINAMBUNG DISTRICT, POLEWALI REGENCY


Tasrif, Ali Akbar (2023) PENATAAN RUANG DAERAH SEMPADAN SUNGAI MANDAR KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLMAN = SPATIAL PLANNING OF RIVER BORDER AREA IN MANDAR RIVER AT TINAMBUNG DISTRICT, POLEWALI REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D012182009_tesis_04-05-2023 cover1.jpg

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D012182009_tesis_04-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D012182009_tesis_04-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D012182009_tesis_04-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ALI AKBAR TASRIF. Penataan Ruang Daerah Sempadan Sungai Mandar Kecamatan Tinambung Kabupaten POLMAN (dibimbing oleh Rita Tahir Lopa, Farouk Maricar)
Sungai Mandar merupakan salah satu sungai di Provinsi Sulawesi Barat yang terletak di Kabupaten Polewali Mandar berasal dari salah satu kaki gunung yang ada di Kecamatan dengan panjang sekitar ± 150 km. Pemanfaatan air Sungai Mandar selain sebagai sumber air bagi masyarakat disekitarnya juga di gunakan sebagai pembangkit tenaga listrik oleh salah satu desa, sehingga Sungai Mandar tidak bisa terlepas dari kehidupan sebahagian orang yang tinggal di Daerah Sempadan Sungai Mandar. Seiring waktu berjalan jumlah masyarakat sekitar sungai semakin meningkat sehingga kegiatan di daerah sempadan sungai semakin meningkat pula khususnya pada pembangunan tempat tinggal maupun bangunan lainnya, seperti bangunan pemukiman penduduk. Pemanfaatan ruang pada daerah sempadan sungai yang tidak terkontrol berdampak terjadinya penurunan kualitas sungai, terhadap aliran banjir ke dalam permukiman masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemanfaatan ruang di daerah sempadan Sungai Mandar dan memberikan arahan penataan ruang daerah sempadan sungai Mandar dengan menyusun penataan zonasi pemanfaatan ruang di daerah sempadan Sungai Mandar yang diharapkan dapat mengontrol pemanfaatan ruang di daerah tersebut dan mengurangi dampak dari banjir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis yang dilakukan yaitu analisis spasial dengan memakai aplikasi ARC-GIS.
Rekomendasi penataan ruang di wilayah tepian Daerah Sempadan Sungai Mandar Kecamatan Tinambung antara lain kegiatan Kawasan lindung berupa kawasan konservasi dan kawasan sempadan sungai (RTH) serta Kawasan budidaya, yaitu kawasan permukiman baik yang berupa rumah batu maupun rumah panggung serta Kawasan pertanian dan perkebunan. Pengaturan wilayah daerah sempadan sungai Mandar Kecamatan Tinambung lebih diprioritaskan untuk penataan Kawasan permukiman yang berada tepat di tepi sungai, dimana Kawasan tersebut merupakan Kawasan yang rawan banjir dengan dilakukannya relokasi ataupun dilakukannya pembangunan tanggul dan normalisasi sungai.

Kata Kunci: Daerah Sempadan Sungai, Sungai Mandar, Penataan Ruang, Pemanfaatan Ruang

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: River Border Areas, Mandar River, Spatial Planning, Spatial Utilization
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:32
Last Modified: 15 Jan 2024 02:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32114

Actions (login required)

View Item
View Item