Tinjauan Yuridis Pelaksanaan Pengawasan Izin Pengelolaan Getah Pinus Dalam Kawasan Hutan Kabupaten Enrekang = Juridical Review of the implementation of supervision of pine sap management permit in the enrekang regency forest area


Syamrin, Nur Intan (2023) Tinjauan Yuridis Pelaksanaan Pengawasan Izin Pengelolaan Getah Pinus Dalam Kawasan Hutan Kabupaten Enrekang = Juridical Review of the implementation of supervision of pine sap management permit in the enrekang regency forest area. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B021181014_skripsi_20-03-2023 cover1.jpg

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B021181014_skripsi_20-03-2023 bab 1-3.pdf

Download (852kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B021181014_skripsi_20-03-2023 dp.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B021181014_skripsi_20-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

NUR INTAN SYAMRIN (B021181014), dengan judul "Tinjauan Yuridis Pelaksanaan Pengawasan Izin Pengelolaan Getah Pinus Dalam Kawasan Hutan Kabupaten Enrekang" Dibawah bimbingan A. M. Yunus Wahid sebagai Pembimbing I dan Muhammad Zulfan Hakim sebagai Pembimbing II Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pengawasan izin pengelolaan getah pinus dalam kawasan hutan kabupaten enrekang serta faktor- faktor yang mempengaruhi pengawasan izin pengelolaan gelah pinus dalam kawasan hutan kabupaten enrekang Penelitian ini menggunakan tipe penelitian hukum empiris, dilakukan di Kabupaten Enrekang tepatnya di Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan Mata Allo (UPT KPH Mata Allo) dan Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan serta tempat lain yang relevan dengan objek penelitian. Jenis dan Sumber data yang digunakan bersifat Primer dan Sekunder, teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan dengan teknik melakukan wawancara (interview) pada narasumber yang telah ditentukan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif sesuai dengan masalah hukum yang diangkat. Hasil dari penelitian yang diperoleh 1) Pelasanaan pengawasan oleh pemerintah daerah Kabupaten Enrekang dan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terhadap izin pengelolaan getah pinus dalam kawasan hutan kabupaten enrekang, dalam hal ini dilakukan oleh UPT KPH Mata Allo dan Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan dilaksanakan secara langsung maupun tidak langsung namun belum terlaksana secara maksimal. Hal ini terbukti dengan adanya kontradiktif antara temuan peneliti dengan data hasil pengawsan oleh Dinas Kehutanan dan UPT KPH mata Allo. Temuan peneliti yakni masih terdapat fenomena atau permasalahan yang ditemukan, sedangkan fenomena tersebut tidak terdata oleh Dinas Kehutanan dan UPT KPH Mata Allo. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengawasan izin pengelolaan getah pinus dalam kawasan hutan Kabupaten Enrekang diantaranya aparat penegak hukum, teknik penyadapan yang menyalahi prinsip kelestarian hutan, ketergantungan masyarakat pada mitra perusahaan, fluktuasi harga getah pinus, serta keterbatasan tenaga kerja.

Keywords : Pengawasan, Pengelolaan, Izin, Getah Pinus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervision, Management, Permissions, Pine Sap
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Hukum Administrasi Negara
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:31
Last Modified: 15 Jan 2024 02:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32112

Actions (login required)

View Item
View Item