PENGAWASAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SOPPENG TERHADAP PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BERDASARKAN ASAS BERKELANJUTAN = Supervision of the Local Government of Soppeng Regency towards the Management and Development of Tourist Attractions Based on Sustainable Principles


Mentari, Nur Aulia (2022) PENGAWASAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SOPPENG TERHADAP PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BERDASARKAN ASAS BERKELANJUTAN = Supervision of the Local Government of Soppeng Regency towards the Management and Development of Tourist Attractions Based on Sustainable Principles. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B021181005_skripsi_02-01-2023 cover1.jpg

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B021181005_skripsi_02-01-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B021181005_skripsi_02-01-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B021181005_skripsi_02-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

NUR AULIA MENTARI (B021181005), dengan judul “Pengawasan Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng Terhadap Pengelolaan dan Pengembangan Objek Wisata Berdasarkan Asas Berkelanjutan”. Dibawah bimbingan Hamzah Halim sebagai Pembimbing I dan Ahsan Yunus sebagai Pembimbing II.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pengawasan pemerintah daerah Kabupaten Soppeng terhadap pengelolaan dan pengembangan objek wisata berdasarkan asas berkelanjutan serta faktor penghambat yang dihadapi oleh pemerintah daerah dalam pelaksanaan fungsi pengawasan terhadap pengelolaan dan pengembangan wisata berkelanjutan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris, dilakukan di Kabupaten Soppeng, tepatnya di Dinas Pariwisata dan Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Soppeng serta tempat lain yang relevan dengan objek penelitian. Jenis dan sumber data yang digunakan bersifat primer dan sekunder, teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan dengan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif sesuai dengan masalah hukum yang diangkat.Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Pelaksanaan pengawasan oleh pemerintah daerah Kabupaten Soppeng terhadap pengelolaan dan pengembangan objek wisata berdasarkan asas berkelanjutan, dalam hal ini dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Soppeng dilaksanakan secara langsung dan tidak langsung namun belum terlaksana secara menyeluruh sehingga belum maksimal. Hal ini terbukti, terdapat kontradiktif antara temuan peneliti dengan data hasil pengawasan oleh Dinas Pariwisata. Temuan peneliti yakni masih terdapat fenomena atau permasalahan yang ditemukan, sedangkan fenomena tersebut tidak terdata oleh Dinas Pariwisata. 2) Faktor penghambat pelaksanaan fungsi pengawasan objek wisata oleh pemerintah daerah Kabupaten Soppeng diantaranya aparat penegak hukum, koordinasi antar pihak, cakupan pengawasan yang luas, faktor sarana dan prasarana, sikap masyarakat, dan yang paling signifikan adalah kekosongan hukum.

Keywords : Pengawasan, Pengelolaan dan Pengembangan, Wisata
Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervision, Management and Development, Tourism Sustainable
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Hukum Administrasi Negara
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 May 2024 08:03
Last Modified: 06 May 2024 08:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32097

Actions (login required)

View Item
View Item